Candi Sukuh, Candi yang Berdiri dengan Segala Keunikannya

Kulinerasik.com - Candi Sukuh berada di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Banyak akses angkutan umum untuk menuju ke lokasi candi ini, mulai dari angkutan umum dari terminal Tirtonadi Solo, anda bisa ambil jurusan Solo - Tawangmangu, kemudian dilanjutkan dengan mini bus jurusan Kemuning dan dilanjutkan ojek untuk sampai kelokasi, untuk anda yang menggunakan kendaran pribadi disarankan menggunakan mobil yang bertenaga kuat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, karena jalan menuju lokasi candi sukuh merupakan tanjakan curam. Candi ini berada diketinggian kurang lebih 1000 meter diatas permukaan laut di lereng gunung lawu, Keindahanya alamnya pasti akan terlihat disekitar lokasi candi ini. Sejak tahun 1995 Candi Sukuh sudah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu situs warisan dunia.
Candi Sukuh, Candi yang Berdiri dengan Segala Keunikannya
Candi Sukuh merupakan candi berundak dengan tiga teras, dan terdapat gapura disetiap terasnya. Terdapat bangunan gapura dibagian depannya yang terletak diteras pertama, bangunan gapura diteras ini terbilang unik, karena gapura tidak berdiri tegak melainkan miring seperti bangun trapesium. Kemudian memasuki teras kedua anda akan menemukan relief - relief didinding gapura. Ada relief elang mencengkram ular naga, dan terdapat juga relief manusia tanpa busana. Diteras ketiga terdapat pelataran besar dengan candi induk dan relief yang menghiasi, serta terdapat patung disebelahnya. Yang mencengangkan terdapat arca yang tidak memakai busana dan arca tanpa kepala, arca lingga yang menggambarkan kemaluan laki- laki dan yoni yang menggambarkan kemaluan wanita.

Banyak relief – relief yang terdapat disisi- sisi candi induk yang merupakan mitologi dari candi sukuh sendiri, banyak patung dan arca yang terdapat di candi sukuh, seperti arca hewan dan banyak yang lainnya, namun untuk menghindari hal yang tidak dinginkan arca- arca tersebut disimpan dibalai peninggalan purbakala. Candi ini buka mulai dari pukul 08.00 - 17.00 wib dari hari Senin - Minggu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel