√ 7 Manfaat Mengkonsumsi Madu dan Kayu Manis Setiap Hari

Kulinerasik.com - Madu dan kayu manis memang sudah dipercaya dari dulu sebagai obat kesehatan tradisional. Bebarapa penelitian memandang madu dan kayu manis sebagai perawatan medis untuk berbagai kondisi kesehatan. Manfaat yang dapat dilakukan kayu manis dan madu akan membuat Anda kagum. 
Manfaat Madu dan Kayu Manis
Madu dan Kayu Manis
Berikut 7 manfaat mengonsumsi madu dan kayu manis setiap hari bagi tubuh Anda:

1. Menyembuhkan Luka

Madu telah digunakan sejak dahulu untuk mengobati luka. Baik madu dan kayu manis berfungsi sebagai anti bakteri dan mengurangi peradangan. Salah satu manfaat yang paling menarik untuk kayu manis dan madu adalah dalam pengobatan bisul kaki diabetik. Ini sangat sulit untuk disembuhkan dan sering terinfeksi oleh bakteri resisten antibiotik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi madu dan minyak kayu manis sangat efektif dalam membantu untuk menyembuhkan luka (borok) sekaligus mencegah infeksi.

2. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Kayu manis dan madu melawan peradangan kronis, gejala penyakit seperti penyakit jantung. Madu dan kayu manis juga terbukti menurunkan kolesterol LDL “jahat” sambil meningkatkan kolesterol HDL "baik". 

Baik kayu manis dan madu penuh dengan antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan mencegah pembekuan darah. Antioksidan juga memiliki efek kesehatan positif lainnya.

3. Menurunkan Gula Darah

Baik kayu manis dan madu dapat membantu mencegah diabetes dan menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Kayu manis mengurangi gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Madu memiliki dampak yang lebih kecil pada kadar gula darah yang menghasilkan gula. Menggunakan keduanya bersamaan sebagai pemanis makanan dapat membantu penderita diabetes dan pra-diabetes untuk mengontrol gula darah.

4. Menurunkan Berat Badan

Ambil sesendok penuh kayu manis dan madu sehari, campur dengan air panas, minum dengan perut kosong, dan tunggu efeknya di berat badan Anda.

Diet dengan madu dan kayu manis tanpa tambahan olahraga terbukti ampuh. Selain rutin mengonsumi madu cobalah memperbaiki pola makan Anda dengan mengurangi gula, tepung putih , dan makanan olahan.

5. Memperlambat Parkinson dan Alzheimer

Penyakit neurodegeneratif yang menakutkan seperti Alzheimer dan Parkinson dapat diperlambat dengan mengonsumsi kayu manis. Kayu manis dapat menghambat penumpukan protein di otak dan melindungi neuron dan fungsi otak lainnya yang merupakan ciri khas penyakit tersebut. 

6. Anti-Kanker

Percobaan pada hewan membuktikan bahwa ekstrak kayu manis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kayu manis dapat mendetoksifikasi enzim yang terkait dengan kanker usus besar, melindungi terhadap pertumbuhannya. Karena kayu manis dan madu tinggi akan antioksidan, yang dapat melindungi dari kanker usus besar.

7. Batuk dan Pilek

Madu juga berfungsi sebagai pereda batuk yang lebih efektif. Sedangkan kayu manis juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, jadi dengan meminum satu sendok kayu manis dan madu dapat membantu melawan flu.

Namun, karena kebanyakan pilek disebabkan oleh virus, ini mungkin tidak terlalu berpengaruh.

Kesimpulan

Madu dan kayu manis memiliki efek kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Waspadai beberapa faktor. Pertama, ada dua varietas kayu manis, cassia dan Ceylon.

Cassia dianggap berkualitas lebih rendah, biasanya dijual di toko grosir, dan mengandung kumarin dosis tinggi. Coumarin dapat berbahaya dalam dosis tinggi. Namun, cassia lebih tinggi pada cinnamaldehyde, minyak yang mungkin merupakan komponen penting dalam penyembuhan penyakit.

Jangan memberi makan madu kepada anak di bawah umur 12 bulan. Madu dan kayu manis adalah kombinasi rasa, jadi nikmati dalam jumlah sedang agar dapat berfungsi secara maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel