√ Tips Makanan untuk Menambah Energi

Kulinerasik.com - Saat Anda kehabisan energi, mengambil soda dan permen sepertinya menjadi pilihan yang terbaik. Satu-satunya masalah adalah bahwa kadar gula akan masuk ketubuh, hingga membuat ketagihan nanti.

Alih-alih makanan cepat saji (junk food), sebaiknya konsumsi sesuatu yang lebih sehat yang akan memberi Anda energi tahan lama tanpa efek samping.

Berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menambah energi:

Air
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Jika Anda merasa lelah setelah bekerja di luar atau berolahraga, ambil air terlebih dahulu. Dehidrasi bisa membuat Anda merasa lelah dan lamban. Menenggak satu atau dua gelas air mengisi ulang berat air tubuh Anda dan memungkinkan sel berfungsi lebih efisien.

Satu penelitian menunjukkan bahwa kehilangan sekitar 1% dari berat tubuh Anda karena keringat memengaruhi suasana hati dan konsentrasi. Dehidrasi juga mengurangi daya tahan tubuh Anda. Setelah Anda mengisi ulang kadar air tubuh Anda, cobalah dengan minuman sehat lainnya.

Teh hijau
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Jika Anda ingin minuman yang akan memberi Anda energi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, minumlah secangkir teh hijau. Teh hijau mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi yang melawan stres dan peradangan sel. Teh hijau juga mengandung kafein dan L-theanine.

Asam amino ini meredakan kecemasan dan kegelisahan yang sering kali disertai dengan kafein. Kombinasi ini sangat efektif untuk meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan konsentrasi mental.

Teh hijau juga meningkatkan pemecahan lemak, melepaskan lebih banyak energi, dan membantu penurunan berat badan.

Kopi
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Kopi menawarkan tambahan energi melalui kafein. Beberapa orang memiliki masalah minum kopi di kemudian hari atau menjadi sangat gelisah setelah minum kopi. Itu adalah hasil dari peningkatan epinefrin, hormon pertarungan yang dikeluarkan tubuh Anda ketika sedang stres.

Cobalah untuk tidak menambahkan gula dan krim/creamer ke kopi Anda, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan. 

Protein
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Rutin mengonsumsi protein seperti salmon, telur, atau kacang-kacangan. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan dan mengurangi kelelahan. Salmon mengandung vitamin B yang meningkatkan produksi sel darah merah, mengurangi kelelahan.

Sedangkan telur adalah makanan yang sempurna karena mereka memiliki protein, asam amino, dan vitamin B dengan jumlah kalori yang relatif rendah.
Dan kacang adalah protein nabati, yang kaya akan vitamin dan mineral yang meningkatkan produksi energi seluler. Mereka dicerna secara perlahan, menjaga gula darah Anda stabil, dan memberi Anda energi yang stabil.

Nasi merah
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Tambahkan quinoa atau nasi merah, Quinoa adalah biji yang tinggi karbohidrat tetapi memiliki indeks glikemik rendah. Itu berarti bahwa karbohidrat diserap perlahan dan menawarkan pelepasan energi berkelanjutan.

Beras merah mengandung serat, vitamin dan mineral dari nasi putih. Seperti quinoa, ia memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Nasi merah juga mengandung banyak mangan, yaitu unsur yang membantu memecah karbohidrat dan protein.

Sayuran
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Tambahkan salad hijau berdaun atau kentang manis sebagai makanan energi Anda. Sayuran hijau seperti bayam mengandung antioksidan, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, asam folat dan vitamin A, C, E, dan K. Ini berfungsi untuk mengisi kembali cadangan besi dan memperlebar pembuluh darah untuk memperlancar aliran darah.

Apel
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Makan apel untuk menambah energi dan tahan lama dari karbohidrat dan serat. Apel kaya akan antioksidan yang meningkatkan pencernaan dan melepaskan energi untuk waktu yang lama. Pastikan Anda menggunakan apel, bukan saus apel atau jus apel. Saus apel memiliki manfaat, tetapi bukan kulitnya yang mengandung sebagian besar nutrisi apel. 

Jeruk
Tips Makanan untuk Menambah Energi

Jeruk adalah makanan sehat lainnya untk menambah energi. Satu jeruk mengandung lebih dari 100% RDA untuk vitamin C serta antioksidan. Kekurangan vitamin C berimplikasi pada kelelahan kronis dan membantu melawan kelelahan adrenal.

Makan jeruk saat Anda lelah bisa memberikan Anda gula cepat dan mengikutinya dengan nutrisi yang membantu Anda pulih dari stres dan kelelahan.

Kesimpulan

Jika Anda membutuhkan energi cepat, ambil sesuatu yang akan membangkitkan energi Anda dan kemudian membuat Anda terus sehat. Pastikan Anda minum segelas besar air terlebih dahulu dan kemudian minum teh hijau atau kopi hitam.

Menambahkan protein tinggi seperti salmon atau kacang, atau beras merah dan beberapa buah-buahan dan sayuran sehat akan membuat energi Anda bertahan lama, baik secara mental maupun fisik. Semua makanan dalam daftar ini sangat baik untuk Anda konsumsi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel