Skip to main content

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kuliner Asik, Efek dari pergantian musim adalah banyaknya penyakit dan virus. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh menurun saat pergantian musim. Otomatis tubuh kita semakin rentan terkena penyakit.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Nah, agar tubuh Anda kuat dalam setiap pergantian musim ikuti tips-tips dibawah ini. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Anda coba:

1. Istirahat yang Cukup

Faktanya cara ini adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang paling efektif dan mudah dilakukan. Dengan istirahat cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. 

Tidur yang nyenyak/istirahat yang cukup dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima; sehingga tubuh Anda sanggup melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. 

2. Konsumsi Makanan Bergizi 

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, secara tidak langsung ampuh meningkatkan daya tubuh kita. Semakin beragam jenis makanan bergizi yang Anda konsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. 

Perbanyak makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral; makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

Beberapa makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya, jeruk, paprika, brokoli, almond, kunyit, teh hijau, pepaya, bawang putih, bayam ayam, jahe, yoghurt, kerang dan masih banyak lainnnya. 

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki peranan penting dalam cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. 

Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin c dari buah-buahan seperti jeruk, jambu, dan kiwi, atau yang ada di sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat. Jika ingin instant tanpa harus memasak Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

4. Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sekaligus mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. 

Olahraga dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih, yakni sel kekebalan tubuh yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Selain itu, olahrga secara rutin dapat mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis/tulang keropos.

5. Konsumsi Minuman Herbal 

Cara yang terakhir adalah dengan mengonsumsi minuman herbal. Ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. 

Ada banyak minuman herbal yang bisa kita konsumsi, seperti jahe merah, jamu, kunyit asem, dan wedang uwuh. Semua minuman herbal ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta bisa menyembuhkan penyakit.

Baca juga: Tips Makanan untuk Menambah Energi

Mengapa kita harus memiliki daya tahan tubuh yang baik? Tentunya agar kita selalu siap dalam menghadapi pergantian musim setiap tahunnya. Sayangi tubuh Anda dengan beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh di atas untuk kehidupan sehari-hari.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik