Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 5 Manfaat Buah Pir untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

Kulinerasik.com - Buah Pir telah dikonsumsi selama berabad-abad karena rasanya yang lezat. Faktanya bahwa lebih dari 3.000 varietas ditanam di seluruh dunia, mulai jenis buah pir dari lunak dan manis hingga renyah dan berair.
Pir (pear) adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis, Wikipedia.
Pir juga memiliki lebih banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda. Buah ini juga menawarkan manfaat gizi yang baikPir juga dapat membantu dalam mengatur berat badan, meningkatkan pencernaan, mengurangi risiko diabetes, dan masih banyak lagi.


Buah Pir untuk Meningkatkan Kesehatan

Manfaat Buah Pir untuk Meningkatkan Kesehatan
Manfaat Buah Pir untuk Meningkatkan Kesehatan
1. Membantu menurunkan risiko diabetes


Buah apel dan pir dianggap sangat membantu dalam mengurangi risiko diabetes karena jumlah seratnya yang tinggi, yang diketahui membantu menjaga kadar gula darah turun. Studi yang diterbitkan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa pir dapat menurunkan 18% risiko diabetes di antara orang-orang yang rutin makan apel dan pir paling banyak dibanding orang yang makan paling sedikit. Untuk setiap buah pir  yang Anda konsumsi per minggu, risiko diabetes berkurang sekitar 3%, menurut penelitian tersebut.



2. Kandungan nutrisi



Pir sedang adalah sumber vitamin C yang baik, buah ini juga memiliki kandungan beberapa kalium, vitamin K, tembaga, magnesium, dan vitamin B, menurut database nutrisi USDA. Pir juga merupakan sumber serat yang sangat baik, yang membantu menjaga sistem GI Anda teratur.



3. Kandungan fitonutrien yang bermanfaat



Pir, terutama yang berkulit warna-warni, memiliki fitonutrien, atau bahan kimia tumbuhan alami, seperti flavonoid. Senyawa ini sendiri membantu menjaga peradangan tetap rendah dengan menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, dan bisa berimbas menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Radikal bebas juga terkait dengan penuaan dini.



4. Membantu menjaga berat badan



Buah pir memiliki 100 kalori dan serat tingkat tinggi. Semua serat itu membantu memuaskan selera makan Anda sehingga merasa kenyang lebih lama. Dalam sebuah studi selama 12 minggu, wanita dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok menambahkan tiga apel ke dalam makanan sehari-hari mereka, kelompok kedua menambahkan tiga buah pir, dan kelompok ketiga menambahkan tiga kue gandum rendah lemak. Studi ini menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi apel atau pir kehilangan hampir 1kg dalam 12 minggu tanpa melakukan perubahan diet lainnya.



5. Buah Pir mudah ditambahkan ke makanan



Pir dapat dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari sarapan hingga hidangan penutup. Buah ini memberi manfaat nutrisi tanpa harus ribet untuk memasak. Anda bisa mencoba buah pir atau irisan pir di sereal Anda untuk sarapan; membuat menjadi minuman jus.Saat makan siang, potong satu menjadi salad atau dengan sandwich kalkun atau keju. Sedangkan untuk makan malam, pir bisa dipanggang.