Mau Sehat Kayak Popeye Si Pelaut? Makan Bayam Setiap Hari


Kulinerasik.com - Pernah lihat kartun anak-anak Popeye Si Pelaut? Tokoh pelaut ini selalu di gambarkan mendapatkan kekuatan super jika mengkonsumsi bayam dari kemasan kaleng. Musuh bebuyutan Brutus ini selalu membawa bayam untuk dikonsumsi setiap harinya. Ternyata tidak hanya nikmat untuk disantap, manfaat bayam bagi kesehatan juga banyak. Sayuran yang umum ditemukan sehari-hari ini memiliki kandungan gizi yang beragam, rendah kalori, dan kaya serat. Gak heran ya jika Popeye selalu sehat dan kuat!
Popeye Si Pelaut dengan Kekuatan Bayam
Sayuran hijau ini berasal dari Asia dan memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E pada bayam. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Sayuran hijau ini juga mengandung banyak serat dan antioksidan, bayam juga mengandung sedikit kalori dan lemak.

Sayuran hijau kesukaan Popeye ini juga memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya. Apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Dalam bayam terdapat kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.

2. Minim akan Kalori

Sayuran hijau seperti bayam mengandung kalori yang rendah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cup atau setara dengan 250 gram bayam mentah hanya memiliki sekitar tujuh kalori saja, sehingga sangat bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bayam juga termasuk salah satu sayuran yang sangat penting bagi kesehatan otak. Mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

4. Melawan Osteoporosis

Sayuran hijau juga kaya akan sumber vitamin K, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin K dalam bayam juga dipercaya dapat mencegah dan mengobati Osteoporosis.

5. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan protein dalam bayam dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, menyisipkan bayam dalam menu sehari-hari juga akan membuat perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

6. Mencegah Peradangan

Zat antiinflamasi yang cukup tinggi pada bayam berperan untuk mencegah dan juga mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat mencegah munculnya atheroklerosis, penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.

7. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Makan bayam setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita. Bayam dikemas dengan asam folat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi yang dapat membantu melindungi tubuh dari beragam penyakit serius seperti diabetes, batu ginjal, kanker, serangan jantung dan stroke.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Bayam mempunyai kandungan beta karoten, xanten dan lutein yang sangat tinggi. Ketiga zat tersebut berfungsi untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Makan bayam setiap hari juga dapat mencegah peradangan dan iritasi mata. Bagi kalian yang memiliki gangguan mata disarankan untuk makan bayam setiap hari lho!

9. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi bayam setiap hari bermanfaat sebagai sumber asupan zat besi yang baik. Tetapi bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Nah, sobat Kulinerasik mau kuat seperti Popeye Si Pelaut?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel