Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 7 Makanan yang Baik untuk Jantung Anda

Kulinerasik.com - Diet sangat penting untuk semua aspek kesehatan Anda, namun juga harus pintar untuk memberi sedikit perhatian ekstra pada jantung Anda. Karena jantung berfungsi sebagai mesin tubuh, Anda tentu tidak bisa hidup tanpanya. Dan jantung yang bermasalah memiliki efek yang tidak baik pada kesehatan seluruh tubuh Anda. Penyakit jantung juga sering dikaitkan dengan keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, endokarditis, dan penyakit arteri koroner. Anda mungkin akan mengalami kelelahan kronis, mual, dan pusing.
Makanan yang Baik untuk Jantung
Makanan yang Baik untuk Jantung
Jadi, untuk mencegah penyakit jantung sebelum beresiko, evaluasi diet Anda dan lihat apakah Anda dapat membuat beberapa pilihan yang lebih baik. Dan 7 makanan berikut ini sangat baik untuk jantung Anda, jika dikombinasikan dengan olahraga teratur. 


1. Apel


Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung, dan apel mengandung satu ton polifenol antioksidan yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar kolesterol baik dan jahat. Pektin dalam apel mampu menghambat penyerapan kolesterol, sementara serat membantu mendorongnya keluar dari tubuh.


Mengonsumsi satu buah apel sehari benar-benar merupakan pilihan cerdas, karena telah terbukti mengurangi kolesterol LDL (buruk) sebesar 40%. Selain itu, apel juga terbukti mengurangi risiko kanker, melindungi paru-paru, dan membantu mengendalikan nafsu makan.


2. Kentang


Beberapa orang menghindari kentang karena mereka menganggap warna putih membuat mereka menjadi tepung olahan, yang cenderung meningkatkan gula darah. Tapi itu tidak terjadi dengan kentang karena mereka penuh serat untuk memoderasi tingkat penyerapan glukosa.


Diet dengan kentang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Kentang juga mengandung banyak potasium, yang dapat menurunkan tekanan darah Anda. Gunakan kentang ungu untuk mendapatkan antioksidan tingkat tinggi.


3. Kacang kenari


Kacang kenari adalah camilan sehat yang memiliki manfaat besar bagi jantung dan otak Anda. Sebagai permulaan, mereka mengandung banyak asam lemak omega-3. Mereka juga memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari kacang yang biasa dimakan, sehingga memakannya dapat menurunkan kolesterol, menetralisir radikal bebas sebelum mereka dapat menyebabkan kerusakan sel, dan mengurangi peradangan.


4. Ikan Salmon


Anda mungkin sudah tahu bahwa ikan adalah bagian penting dari diet sehat jantung. Ikan salmon adalah pilihan yang sangat baik karena dikemas dengan asam lemak omega-3. Diet yang kaya omega-3 dipercaya untuk meningkatkan penanda metabolisme untuk penyakit jantung. Anda juga akan mendapatkan banyak selenium, yang merupakan antioksidan yang melindungi kesehatan seluruh sistem kardiovaskular Anda.


5. Kembang kol


Anda harus mengonsumsi sayuran berdaun hijau ke dalam makanan sehari-hari Anda, tetapi jika Anda tidak menyukai rasanya, pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak kembang kol. Rasanya cukup ringan namun memberikan antioksidan dan serat yang baik untuk tubuh.


Selain itu kembang kol berfungsi untuk mengurangi peradangan, mengatur pencernaan, dan mengurangi kadar kolesterol. Kembang kol juga sangat serbaguna, karena dapat dipanggang, direbus dan dihaluskan, atau dimakan mentah.


6. Hati


Hati memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam, mengandung protein, vitamin C, vitamin B12, tembaga, zat besi, dan seng. Satu porsi hati mengandung sekitar enam gram lemak, hati adalah sumber protein yang sangat seimbang.


7. Teh Hijau


Teh hijau menenangkan dan nikmat jika diminum, juga memiliki efek positif pada jantung Anda. Tetapi teh hijau juga menawarkan banyak manfaat kesehatan jantung lainnya, termasuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar trigliserida.


Kandungan antioksidan dalam bentuk katekin dan flavonoid, dari beberapa penelitian menunjukkan manfaat jantung dan mengurangi risiko pembekuan darah berbahaya. Semua manfaat itu menambah risiko penyakit jantung seumur hidup yang lebih rendah dan mungkin itulah sebabnya teh hijau telah digunakan oleh para herbalis Tiongkok selama ratusan tahun.


Nah itulah 7 makanan yang baik untuk kesehatan jantung Anda, dan bisa dikonsumi setiap hari. Semoga bermanfaat!