Tips Menghilangkan Bau Prengus pada Masakan Daging Kambing

Kulinerasik.com - Hari Raya Idul Adha atau hari Raya Kurban jatuh pada tanggal 12 Agustus 2019. Pada saat itu umat islam di seluruh Nusantara merayakannya dengan tradisi menyembelih kurban berupa sapi atau kambing. Disaat itu pula stok daging dirumah semakin melimpah, karena banyaknya kiriman dari masjid atau tetangga yang sedang berkurban. Namun, sayangnya tekstur daging kambing yang cenderung alot dan memiliki bau prengus membuat banyak orang enggan untuk menikmatinya.
Daging Kambing yang Bau Prengus bisa Dihilangkan

Padahal jika diolah dengan teknik yang benar dan tepat, tekstur daging kambing yang alot dan bau prengus bisa dihilangkan.

Kenapa Daging Kambing Bau Prengus?

Penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Current Biology menyebutkan, ternyata bau prengus disebabkan oleh senyawa 4-etiloctanal. Senyawa itu berubah menjadi asam 4-etiloktanoat saat menyebar di udara. Bau prengus bisa membuat reaksi kimia hormonal berantai di otak kambing betina dan memicu ovulasi. Dengan bau itu, kambing jantan bisa unjuk gigi kepada pasangannya. Namun bagi manusia, bau inilah yang menyebabkan orang menjadi mual.

Cara Mencuci Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus

Langkah pertama yang tak boleh di lakukan ialah mencuci daging kambing segar dengan air. Karena daging kambing yang dicuci dengan air sebelum dimasak, justru makin menebarkan aroma tak sedap. Lebih baik lumuri saja daging dengan jeruk limau atau jeruk nipis, lalu diamkan beberapa saat.

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau Prengus

Berikut ini adalah tips mengolah daging kambing agar tidak bau prengus, diambil dari beberapa sumber:
  1. Rebus dulu daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, lalu setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu daging kambing bisa digunakan untuk memasak sesuai dengan resep masakan yang disukai. 
  2. Bisa juga dengan langkah merebus 1 kilogram daging kambing dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah sekitar 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut. Daging kambing siap dimasak. 
  3. Daging kambing 1kg yang baru didapat, rebus bersama bubuk kare sekitar 10 gram. Banyaknya bumbu kare ini harus disesuaikan dengan jumlah kilogram daging yang akan dimasak. 
  4. 1 kilogram daging kambing rebus bersama dengan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Kurang lebih selama setengah jam saja. 
  5. Panaskan 1 liter air, setelah mendidih masukkan 1 kilogram daging kambing dan 50 gram cuka. Kurang lebih sekitar 25 menit, tiriskan daging kambing, dan dimasak ulang sesuai selera kita. 
  6. Bisa juga menggunakan daun jambu klutuk, daun jambu ini dibejek-bejek bersama dengan daging kambing sebelum dimasak. 
  7. Ambillah 2 potong arang lalu cucilah sampai bersih dari kotoran lain. Rebuslah daging kambing bersama-sama arang tersebut. Daging kambing tidak akan berbau prengus lagi. 
  8. Dengan cara memotong daging dengan arah yang benar, yaitu memotong searah serat daging.  Langkah ini juga bisa menghilangkan bau pada daging kambing. 
  9. Sebelum diolah dan dimasak, daging kambing di bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. Karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. Bau nanas juga lebih kuat daripada jeruk. 
  10. Cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain. 
Untuk menghilangkan bau prengus pada kambing, bisa Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging.

Itulah tips mengolah daging kambing agar tidak bau prengus. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel