Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Kuliner Asik - Setelah kemarin kita mengulas cara mengolah daging kurban dengan cara yang sederhana. Kali ini Kulinerasik akan membagikan tips menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tahan lama.
Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Tentunya tips kali ini sangat berguna apabila Anda mendapatkan jatah daging kurban yang banyak di lingkungan sekitar rumah Anda. Langsung saja intip yuk tipsnya!

1. Keringkan daging sebelum disimpan

Jika daging kurban sudah dibersihkan dengan air, sebaiknya jangan langsung menyimpan daging kurban tersebut dalam keadaan basah. Pasalnya, daging kurban yang basah menjadi salah satu ladang subur bagi tumbuhnya berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan daging tidak segar. 

Keringkan dulu daging tersebut sebelum dimasukan ke dalam freezer dengan menggunakan tisu atau lap kering.

2. Bersihkan daging dari kotoran yang menempel

Sebaiknya daging kurban dibersihkan dari kotoran yang menempel. Meskipun sekilas daging terlihat bersih dan segar, tetap harus dibersihkan dengan air mengalir sebelum menyimpannya di dalam lemari pendingin. 

Saat membersihkan daging kurban tersebut harus benar-benar bersih. Pasalnya kotoran seperti debu atau lendir yang menempel di dalam daging bisa membuat daging menjadi cepat busuk.

3. Sebelum daging kurban disimpan di freezer

Sebaiknya lebih dahulu daging dimasukkan ke dalam chiller kulkas selama 4-5 jam. Agar bakteri yang menempel dalam daging kurban cepat hilang.

4. Atur suhu

Untuk menyimpan daging kurban, selalu atur suhu kulkas dengan ukuran minus satu sampai satu derajat celcius.

5. Jangan menyimpan daging dalam suhu 5 derajat celcius atau lebih

Pasalnya, ini dapat merusak kualitas daging dan memungkinkan terkontaminasi bakteri hingga menyebabkan daging cepat busuk.

6. Untuk jumlah daging kurban banyak

Sebelum dibekukan sebaiknya daging dipotong dengan beberapa bagian kecil ukuran setengah atau satu kilogram ke dalam plastik kedap udara. Untuk mencegah bakteri dan penyakit masuk kedalam daging.

7. Jangan campur beberapa jenis daging dalam satu tempat

Pasalnya, jenis daging seperti ikan, ayam, dan sapi memiliki tekstur serta masa simpan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Selain akan membuat daging cepat rusak, juga menyebabkan rasa dan aroma daging menjadi kurang sedap.

8. Ketahui daya tahan daging

Daging sapi segar yang disimpan di dalam freezer bersuhu minus 17 derajat Celcius hanya bisa bertahan hingga 4 bulan. Sedangkan daging ikan memiliki daya tahan hingga 6 bulan. 

Sedangkan, daging ayam memiliki masa simpan yang cukup lama yaitu hingga satu tahun. Meski disimpan di dalam freezer, tidak serta-merta membuat daging dapat bertahan hingga waktu yang lama.


Itulah beberapa tips menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!