√ Tips Mengatasi Pusing Setelah Makan Daging Kambing

Kulinerasik.com - Mungkin sebagian dari kita merasa pusing setelah makan daging kambing, baik itu sate, sup, tongseng maupun gulai kambing. Makanan ini memang sangat populer dan banyak penggemarnya. Apalagi saat Hari Raya Kurban datang, dipastikan stok daging kambing melimpah dirumah.

Mengkonsumsi daging kambing ternyata dapat menimbulkan pusing dikarenakan mengandung zat tyramin serta zat besinya yang cukup tinggi. Zat besi dalam posri tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi protein hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke darah. Namun, bila zat besi yang dikonsumsi berlebihan maka akan menjadi boomerang bagi kesehatan tubuh. Kelebihan zat besi bisa menjadi racun yang dapat memicu pusing dan sakit kepala.

Orang yang mengalami keracunan zat besi ini akan mengalami gejala seperti mual, pusing, sakit kepala, nafas pendek dan tubuh lemah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing tidak lebih dari 8-18 mg per hari.

Selain zat besi yang cukup tinggi, pemicu pusing lainnya adalah zat tyramin. Yaitu zat yang diproduksi oleh protein ketika makanan mulai dibiarkan lama. Karena semakin lama umur makanan, maka semakin banyak pula tyramine yang diproduksi.

Nah, buat kamu yang mengalami pusing setelah makan daging kambing, beberapa cara alami ini efektif untuk meredakannya.

1. Minum Teh Hangat
Teh Hangat untuk Meredakan Pusing
Minum teh hangat setelah makan daging kambing seperti sate sangat disarankan. Teh hangat dapat meredakan pusing akibat terlalu banyak makan daging kambing, karena  membantu melarutkan zat besi yang tinggi.

2. Makan Sayur dan Buah
Acar Timun dan Bawang Mentah
Jangan terlalu berlebihan saat makan daging kambing, apalagi saat Hari Raya Kurban datang. Selalu imbangi dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.
Coba untuk makan timun, wortel, tomat, bawang merah, kubis, dan kemangi atau bisa juga dengan memakan buah seperti jeruk, pisang, semangka, dan alpukat. Jika merasa pusing setelah makan daging kambing.

Acar timun dan bawang mentah ternyata sangat ampuh menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging. Bawang merah mengandung Sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur. Kedua zat itu bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Makan Bawang Putih
Makan Bawang Putih untuk Meredakan Pusing 
Ternyata mengonsumsi bawang putih juga dapat mengurangi pusing setelah makan daging kambing. Bisa juga juga diterapkan pada makanan lain yang memicu kolesterol. Biasanya orang yang memiliki kolesterol selalu makan bawang putih setelah menyantap daging kambing.

4. Minum Jus Jeruk
Jus Jeruk Efektif untuk Meredakan Pusing
Minum jus jeruk setelah mengonsumsi daging kambing sangat disarankan. Pasalnya, air jeruk dapat melunturkan lemak dalam tubuh. Minum jus jeruk tanpa tambahan gula tentu lebih baik. Atau kamu juga bisa minum jeruk hangat.

Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel