Selain Digoreng, 4 Masakan dari Tempe Ini Juga Enak Banget Lho!

Kulinerasik.com - Siapa sih yang kenal dengan tempe? Hampir semua masyarakat di Indonesia pasti sudah gak asing lagi dengan makanan ini. Tempe adalah masakan asli Nusantara berbahan kacang kedelai yang sudah mengalami fermentasi oleh kapang atau jamur. Masyarakat Indonesia biasa menjadikan tempe sebagai lauk nabati sehari-hari. Tempe yang asli hanya menggunakan kacang kedelai dan tidak memakai tambahan apa pun. Tempe yang asli merupakan lauk yang baik karena menyimpan manfaat kacang kedelai bagi tubuh. Sejak dulu, nenek moyang kita menggunakan tempe sebagai makanan alternatif untuk sehari-hari.
Tempe Mendoan yang Mak Nyus Rasanya
Faktanya sampai saat ini belum diketahui siapa penemu tempe, karena makanan ini sudah ada sejak zaman dulu di mana penetapan hak paten belum ada. Tidak seperti penemuan tahu yang berasal dari Cina, tempe sudah ada sejak dulu di tanah Jawa. Sejarah resep tempe telah ditulis pada abad ke-19 di dalam Serat Centhini yang menggunakan bahasa dan tulisan Jawa kuno. Di dalam Serat Centhini disebutkan beberapa kata tempe yang merupakan makanan di Jawa saat itu.

Dalam Serat Centhini tersebut kata tempe yang merupakan jamuan untuk kesultanan dan juga budaya masyarakat di Keraton Solo. Hal ini lebih diperkuat lagi dengan kata kadele sebagai bahan pembuat tempe yang merupakan kata dari Jawa.

Semakin berkembangnya zaman, saat ini tempe telah menjadi makanan yang populer, bukan cuma di kalangan bawah saja. Berbagai olahan tempe yang menarik mampu menjadikan tempe sebagai makanan yang bercita rasa tinggi dan mak nyus! Tempe yang merupakan sumber protein nabati disukai oleh orang asing.

Bahkan di Negara Paman Sam, Amerika Serikat menggunakan beberapa resep olahan tempe asli Indonesia sebagai menu vegetarian.

Ternyata selain digoreng, tempe juga bisa diolah menjadi makanan yang sangat enak lho! Berikut adalah 4 masakan dari tempe yang enak dan mak nyus!

1. Orek Tempe

Masakan dari tempe yang dipadu dengan bawang, kecap dan cabe hijau rasanya jadi gurih manis pedas. Menu sederhana ini sangat disukai banyak orang. Memasak dengan teknik tumis sangat mudah bagi pemula. Seperti Orek Tempe ini. Makanan ini jadi sajian populer warteg dan masakan rumahan. Selain murah, gampang dibuat dan enak rasanya. Lebih nikmati jika disantap dengan nasi hangat.

2. Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah makanan sejenis gorengan yang berasal dari wilayah Karesidenan Banyumas di Provinsi Jawa Tengah. Kata mendoan berasal dari Bahasa Banyumasan yang berarti mendo atau setengah matang dan lembek

3. Tempe Bacem

Tempe bacem adalah lauk sederhana yang mudah dibuat. Resep tempe bacem yang enak dan sederhana bisa menjadikan lauk favorit ditengah keluarga. Resep tempe bacem cukup banyak, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai varian rasa, mulai pedas manis atau gurih manis. Kadar kecapnya pun bisa disesuaikan dengan selera kita.

Tempe bacem juga bisa dimasak dengan atau tanpa digoreng. Jika ingin lauk berkuah, olah saja tempe bacem berkuah manis dari kecap yang menyatu dengan bumbunya. Olahan lauk tempe yang satu ini memang fleksibel, bagi kamu yang ingin mengurangi konsumsi makanan berminyak, menu tempe bacem bisa jadi pilihannya, tanpa menggorengnya.

4. Steak Tempe

Steak yang lezat tidak selalu berasal dari daging sapi. Di Indonesia, kita bisa juga memanfaatkan tempe sebagai pengganti yang lebih sehat sekaligus memiliki rasa yang tidak kalah sedapnya.

Berprotein tinggi dan bisa menggantikan peranan daging, tempe adalah opsi bagi mereka yang menganut gaya hidup vegetarian. Ataupun bagi yang ingin mengurangi konsumsi protein hewani. Tempe rupanya juga cocok untuk dijadikan sebagai steak lho!

Kalau admin sih suka banget dengan tempe mendoan, Kalau kamu apa sobat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel