√ 7 Resep Masakan Rumahan Sederhana Tapi Mak Nyus Rasanya!

Kulinerasik.com - Buat para pasangan atau pengantin baru seringkali bingung untuk masak apa hari ini? Kebanyakan akhirnya beli masakan jadi di warung sih, namun akhirnya jadi bosan sendiri. Pasalnya mereka kangen dengan suasana masakan rumahan yang sederhana tapi mak nyus.

Masakan rumahan memang mudah dan praktis. Nah berikut ini adalah 7 resep masakan rumahan sederhana yang memiliki cita rasa istimewa. Kamu bisa mencobanya sekarang!

Nasi Goreng ala Rumahan
Siapa yang suka masakan rumahan ini, apalagi kalau yang buat adalah ibu kita sendiri. Nasi goreng adalah menu yang wajib dikuasai semua orang. Bahan dan cara masaknya sangat mudah banget. Kamu bisa masak nasi goreng dengan beragam variasi dan campuran,  mulai dari seafood, kol, caisim, sawi, ayam, jamur, bakso, sosis, dan telur. Pasti mak nyus!

Pertama-tama, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu masukkan kecap ikan dan semua bahan hewani. Setelah rata, masukkan nasi dan bumbu penyedap. Terakhir, masukan sayuran dan aduk hingga matang

2. Sayur Asem
Sayur Asem ala Rumahan
Hampir di setiap daerah di Indonesia punya sayur asem dengan ciri khas masing-masing. Mulai dari sayur asem khas Sunda, Betawi, Jawa Tengah, hingga Sulawesi. Walaupun punya ciri khas tersendiri, yang pasti sayur ini bercita rasa asam.  Rasa asamnya yang segar bisa buat makanan terasa nikmat dilidah.

Untuk pemula, coba saja mulai dari yang paling sederhana, yaitu asem Jawa Tengah. Bumbunya hanya berupa irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Selain itu, isinya pun hanya labu, kacang panjang, jagung, dan melinjo. Jangan lupa masukkan asam Jawa juga, ya!

3. Sop Daging Sapi
Sop Daging Sapi ala Rumahan
Masakan sop memang selalu jadi favorit. tinggal rebus semua bahan dan tambahkan bumbu. Dari sekian banyak sop, menu sop daging sapi adalah pilihan favorit.

Pertama, rebus daging sapi dan buang kotorannya. Kemudian, masukkan tumisan bumbu halus dalam rebusan lalu aduk hingga larut. Setelah itu, tambahkan sayuran dalam rebusan dimulai dari yang paling keras, seperti wortel. Terakhir, koreksi rasanya dengan tambahan bumbu penyedap.

4. Tumis Kangkung

Tumis kangkung termasuk jenis masakan yang gampang banget bikinnya! Dari pemula hingga profesional, pastinya harus menguasai olahan kangkung yang satu ini. Tumis bumbu halus hingga wangi, kemudian masukkan kangkung dan masak dengan api besar. Api besar ini bertujuan agar kangkung cepat matang. Selain itu, menjaga supaya warnanya tetap hijau serta cantik.

5. Ayam Goreng Kecap

Rasa manis dan legitnya masakan ini bisa dirasakan hingga ke bagian dalam daging. Walau lembut di dalam, ayam goreng kecap punya bagian luar yang mengkilat dan kulit yang krispi. Begitu enaknya, hidangan ini bisa jadi favorit keluarga.

Tumis terlebih dulu bawang putih, jahe, dan bawang bombay. Setelah harum, tambahkan kecap manis serta cabai dan penyedap. Kemudian, masukan ayam yang sudah digoreng. Aduk dan kecilkan api. Biarkan hingga bumbu kental dan meresap sempurna.

6. Bacem Tahu dan Tempe

Makanan dengan ciri khas warna coklat gelap yang terlihat, menandakan betapa legit dan manisnya hidangan bacem ini. Dibuat dari gula, bikin olahan ini tahan lama jika disimpan dengan baik. Pas sekali untuk pemula yang waktunya habis untuk kerja.

Rebus bumbu halus, rempah, tahu, dan tempe dengan air kelapa hingga didih. Kemudian, masukan kecap manis, gula merah, dan air asam jawa. Kemudian biarkan hingga menyusut, jika sudah menyusut, tahu dan tempe bacem siap untuk digoreng.

7. Tumis Capcay

Kelihatannya sih agak ribet kalau masak capcay, tapi sebenarnya, tinggal tumis sayuran bersama bumbu, lalu capcay pun bisa disajikan. Selain sayuran isi capcay juga bisa ditambah bahan lain sesuai selera kamu, seperti seafood, bakso, suwiran ayam, atau jamur.

Dimulai dari tumis bumbu halus. Kemudian masukkan bahan hewani dan tumis hingga berubah warna. Setelah matang, masukan sayuran dan aduk hingga rata, agar sedikit kental, tambahkan larutan maizena.

Sudah siap untuk memasak resep rumahan hari ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel