√ 11 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Hits dan Populer Tahun 2019

Kulinerasik.com - Bojonegoro yang juga disebut dengan Bumi Angling Dharma karena peninggalan petilasannya, merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Jika sudah pernah singgah di Bojonegoro, kota ini berbatasan dengan sejumlah kabupaten, di antaranya seperti Tuban, Nganjuk, Ngawi, Cepu dan Madiun.

Selain terkenal dengan julukan Bumi Angling Dharma, Bojonegoro juga terkenal sebagai penghasil kayu jati ekspor yang berkualitas. Namun di balik itu semua, kota ini juga memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Tak heran jika kota ini memiliki pesona tempat wisata yang alami dan indah yang harus kamu kunjungi.

Nah, apa saja tempat wisata di Bojonegoro yang hits di tahun 2019. Simak yuk!

1. Negeri Atas Angin
Keindahan Negeri Atas Angin
Tempat wisata yang terkenal akan ketinggian spotnya ini menyajikan keindahan pesona alam dan banyak dikunjungi pada tahun 2019. Di sebut dengan Negeri Atas Angin karena Atas Angin adalah nama sebuah desa yang berada di kecamatan Sekar, sebuah daerah yang berada di Bojonegoro bagian selatan yang berbatasan dengan Madiun.

Untuk dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian, kamu perlu menaiki bukit cinta. Untuk mencapai bukit ini, kamu setidaknya harus berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir kendaraan. Dan di atas bukit inilah nantinya kamu bisa menikmati keindahan pesona alam berupa sunrise ataupun sunset.Untuk mendapatkan pemandangan yang indah kamu bisa kesini waktu pagi hari atau sore hari.

Bukit cinta sendiri berada di ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan air laut. Bisa dibayangkan, betapa indahnya hamparan alam yang sangat indah yang bisa kamu lihat nantinya. Kesejukan udara di atas Bukit Cinta ini mungkin akan membuatmu betah disini.

Alamat: Deling, Sekar, Kec. Bojonegoro, Jawa Timur.

2. GoFun Bojonegoro Theme Park
Go Fun Entertainment Complex
Di Bojonegoro juga ada kok objek wisata permainan yang bisa dicobain untuk semua kalangan. Namanya adalah Go Fun Entertainment Complex. Dengan konsep wisata cahaya malam dengan gemerlap lampu yang spektakuler, dijamin liburan kesini makin seru.

Tempat wisata keluarga yang hits di tahun 2019 ini menawarkan live music di setiap akhir pekan. Mulai dari Nissa Sabyan, Ari Lasso, Gigi Band hingga Armada Band pernah mentas disini.

3. Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo
Agrowisata Kebun Blimbing
Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro merupakan wisata yang hits 2019. Wisata perkebunan yang berlokasi di Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Kebun Blimbing ini memiliki kurang lebih luas ± 19.3 hektar, dikelola oleh 80 pekebun. Kepemilikan pohon belimbing masing-masing orang pun berbeda.
Yang unik dari tempat wisata ini, kamu bisa memetik sendiri buah belimbingnya yang terkenal dengan kesegaran dan ukurannya yang jumbo. Tempat wisata ini cocok banget untuk wisata keluarga.

4. Air Terjun Kedung Maor
Tempat Wisata Bojonegoro yang Hits

Bojonegoro ternyata juga menyimpan objek wisata air terjun indah seperti Air Terjun Kedung Maor yang terletak di desa Kedungsari. Spot wisata ini ternyata mulai populer dan hits di tahun 2019. Namun, untuk menuju lokasi kedung, wisatawan harus melewati jalur turunan yang cukup terjal. Apalagi saat musim hujan tiba, maka bisa dipastikan kalau jalan ini cukup sulit untuk dilalui karena licin.

Lokasi Air Terjun Kedung Maor ini berada di tengah kawasan hutan jati. Bisa di bayangkan betapa banyaknya pepohonan jati menjulang tinggi mengiringi perjalananmu. Namun kamu tidak perlu khawatir, banyaknya penunjuk arah di setiap sudut julan akan mempermudahmu untuk cepat sampai ke lokasi Kedung Maor.

Sampai di lokasi air terjun, kamu akan melihat pemandangan tebing yang indah. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan pada umumnya yakni berfoto, bersantai, atau sekedar bermain air di pinggiran. Kedalaman Kedung Maor sendiri yakni sekitar 7 meter. Jika kamu tak pandai berenang, sebaiknya menghindari berenang di tempat ini ya sobat!
Alamat: Kedungsari, Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

5. Wana Wisata Dander
Tempat Wisata Bojonegoro yang Hits

Wana Wisata Dander mungkin menjadi salah satu tempat rekreasi yang hits di tahun 2019 dikalangan pecinta traveling. Objek wisata yang berada di desa Dander ini menawarkan pesona alam yang sangat indah dengan bermacam-macam wahana.

Di dalam taman wisata ini, terdapat spot-spot menarik untuk disambangi, yakni kolam renang, lapangan golf, ATV, dan outbound. Jika ingin berkunjung kesini kamu tak perlu membawa ekstra perbekalan, karena di dalam tempat ini juga banyak pedagang yang menjajakan makanan maupun minuman. Tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai Bumi Perkemahan.

Alamat: Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

6. Sendang Grogolan
Tempat Wisata Bojonegoro yang Hits

Sendang Grogolan ini seharusnya tidak boleh terlupakan. tepatnya berada di desa Ngunut. Pasalnya objek wisata yang satu ini sangat menawarkan pemandangan alam yang indah.
Nantinya kamu dapat bermain arung jeram atau rafting di sungai ini. Sendang Grogolan ini sangatlah cocok untuk tempat refreshing bersama keluarga.

Lokasi: Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro

7. Air Terjun Krondonan
Tempat Wisata Bojonegoro yang Hits

Akses menuju ke tempat wisata Air Terjun Krondonan memang cukup jauh, karena harus melewati hutan jati terlebih dahulu. Namun, sampai disini perjalanan jauhmu akan terbayar dengan indahnya air terjun ini. Pesona alam yang indah dan memukau bisa membuat semua orang takjub.

Alamat: Kadipaten, Gondang Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

8. Kayangan Api
Api Abadi di Wisata Kayangan Api
Kayangan Api termasuk tempat wisata yang cukup hits di Bojonegoro. Konon menurut cerita api yang keluar dari perut bumi ini sudah ada sejak jaman majapahit, uniknya api tersebut tak kunjung padam hingga sekarang. Menurut cerita legenda, api ini dinyalahkan oleh seorang pembuat senjata kerajaan Majapahit, ia bernama Mpu Supo. Waktu ingin melakukan pertapaannya, ia menyalahkan api pada kumpulan batu yang berada di sebelahnya. Hingga sampai sekarang api ini tak kunjung padam.

Namun berdasarkan penelitian, api yang menyala ini berasal dari perut bumi yang memiliki gas serta minyak bumi yang sangat berlimpah yang merembes melalui celah-celah batu. Sehingga terciptalah api yang abadi. Karena destinasi wisata yang satu ini sangat unik, maka tidak heran banyak orang yang penasaran akan hal ini sehingga tempat ini tak kunjung sepi.
Karena sumber minyaknya yang cukup banyak, Bojonegoro dijadikan tempat ekspansi Exxon Mobile dan Petro China sampai sekarang.

Lokasi: Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur.

9. Waduk Pacal
Tempat Wisata Bojonegoro yang Hits

Ingin mencari spot wisata dengan suasana yang sejuk dan tenang? maka disini tempatnya. Waduk Pacal yang berada di Kecamatan Temayang ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan memukau. Pasalnya waduk ini dikelilingi oleh bukit-bukit serta pepohonan yang mempesona.

Nama waduk ini diambil dari nama daerah waduk dibangun, yakni terletak di desa Pacal. Salah satu daya tarik wisatawan terhadap Waduk Pacal ini yakni karena kemegahan bangunan peninggalan zaman belanda yang berada di lokasi ini. Selain itu, panorama alam dan hutan jati yang indah mungkin mampu memberikan daya tarik sendiri.

Alamat: Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

10. Mata Air Desa Sumberarum
Tempat Wisata Bojonegoro yang Hits

Mungkin salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh yaitu dengan melakukan berenang. Apalagi kalau berenang di kolam Mata Air Desa Sumberarum, dijamin badan akan langsung terasa segar.

Lokasi tempat wisata ini berada di desa Sumberarum, Dander. Segarnya sumber mata air di kolam air ini membuatmu betah berlama-lama berenang. Pasalnya air yang jernih dan dingin juga akan membuatmu nyaman berada di kolam ini.

Selain pesona sumber mata air, kamu juga bisa melihat beberapa goa yang berada di desa ini. Terdapat pula beberapa aliran sungai untuk kamu nikmati atau sekedar bermain air. Tiket masuk yang sangat murah membuat tempat wisata yang satu ini selalu ramai.

Lokasi: Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro

11. Masjid Al-Birru Pertiwi
Masjid Al Birru Pertiwi dengan Konsep ala Eropa
Di Bojonegoro banyak juga kok wisata religi. Salah satunya wisata religi islami Masjid Al-Birru Pertiwi. Masjid yang berkubah emas ini, desainnya cukup unik. Konon katanya, masjid ini dibangun sebagai rasa wujud syukur kepada Sang Pencipta. Konsep bangunannya yang megah dan bergaya ala Eropa membuat banyak para wisatawan yang mampir untuk menunaikan sholat maupun sekedar menikmati keindahan masjid ini.

Gimana sobat Kulinerasik, tertarik untuk liburan ke Bojonegoro?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel