8 Kuliner Legendaris di Kota Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

Kulinerasik.com - Selain memiliki tempat wisata yang alami dan indah, kota Bojonegoro juga memiliki banyak sekali destinasi kuliner yang wajib dikunjungi. Beberapa diantaranya merupakan kuliner legendaris yang sudah puluhan tahun ada di kota Bojonegoro. Karena mempunyai cita rasa yang istimewa di lidah.

Apa saja kuliner legendaris yang ada di Bumi Angling Dharma? Simak ulasannya berikut ini:

1. Nasi Pecel Mekar Sari
Nasi Pecel Mekar Sari yang Legendaris
Berbicara mengenai makanan legendaris di Bojonegoro, Nasi pecel Mekar Sari tak boleh ketinggalan. Berada di jalan Hos Cokroaminoto 25 Pacul , Bojonegoro, warung pecel Mekar Sari selalu menjadi destinasi bagi warga yang ingin menikmati sajian nasi pecel dengan cita rasa bumbunya yang kental dan manis.

Warung ini tak pernah sepi pelanggan, dari mulai buka jam 4 pagi hingga jam 1 siang. Satu porsi nasi pecel ditambah dengan lauk ayam goreng, atau belut goreng membuat pecel khas Bojonegoro ini makin mak nyus rasanya, hingga bisa membuat lidah kita bergoyang.

2. Wedang Tape Gerdu Suto
Wedang Tape Hitam Khas Bojonegoro
Warung wedang tape Gerdu Suto ini termasuk kuliner legendaris yang tertua. Letaknya tak terlalu jauh dari gardu di pertigaan Kelurahan Ledok Wetan. Warung yang sudah ada sejak tahun 50-an ini menjadi destinasi warga luar kota yang mampir ke Bojonegoro. Buka mulai jam 6 sore hingga 11 malam, namun disarankan kamu kesini sebelum jam 9 malam, jika ingin mencicipi rujak dan wedang tapenya yang legendaris.

Disini menyajikan wedang tape dan rujak cingur yang rasanya benar-benar mak nyus. Selain rasanya khas, tempat ini juga menawarkan nuansa klasik melalui konsep bangunannya. Tak heran jika banyak warga dari luar kota yang menyempatkan diri untuk singgah di tempat ini.

3. Bebek Pak Kumis
Bebek Goreng Pak Kumis dengan Sambal Hitamnya yang Mak Nyus
Lokasinya tidak terlalu jauh dari warung wedang tape gerdu suto, ada satu lagi warung legendaris di Bojonegoro, yakni bebek goreng Pak Kumis. Tepatnya di sebelah barat dekat gedung Serbaguna, Jalan K.H. Mansyur Bojonegoro. Berbeda dengan warung nasi bebek lainnya, bebek goreng pak Kumis ini buka mulai jam 10 hingga 2 siang. Salah satu ciri khas dari bebek pak Kumis ini adalah sambel hitamnya dan daging bebeknya yang sangat empuk. Cita rasa pedas yang khas dari sambel hitam dipadukan dengan bebek yang gurih membuat kuliner tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Bojonegoro.

4. Nasi Goreng Pak Tik

Bagi pecinta kuliner nasi goreng, warung Pak Tik yang berada di gang Wahyu di jalan Pemuda ini wajib untuk didatangi. Meski berjualan di gang sempit, warung nasi goreng satu ini tak pernah sepi pembeli. Selain nasi goreng, menu lain yang bisa dipilih di warung yang mulai buka pada pukul 6 sore ini adalah mie goreng dan mie godog.

Yang bikin enak dari nasi goreng Pak Tik adalah dari cara memasaknya. Beliau masih menggunakan tungku arang untuk memasak nasi gorengnya. Sehingga, ada aroma unik yang mmenguar di setiap sajiannya. Cita rasa yang khas akan sangat terasa pada sajian nasi goreng, mie goreng maupun mie godog yang dibuat dengan tungku arang ini.

5. Mie Godhog Cipto Roso
Mie Godhog Cipto Roso
Warung mie godhog Cipto Roso yang terletak di Jalan TGP No. 18 Banjarejo, Bojonegoro ini sampai sekarang masih selalu ramai setiap harinya. Nampak deretan mobil-mobil berjejer didepan warung ini tiap harinya. Cara memasak dengan ciri khas mie godog yang dimasak dengan arang dan ayam kampung asli, wajar saja jika kuliner yang satu ini bertahan hingga sekarang dari tahun 1970. Mienya yang lembut dan kuahnya yang yang enak membuat semua orang ketagihan.

6. Sate Pak Tondho

Bagi warga Bojonegoro, sate ini menjadi salah satu kuliner ikonik.Ada dua cabang yang bisa didatangi. Pertama di jalan Yos Sudarso, Jetak. Kedua di jalan Mastrip, kelurahan Klangon. Menu spesial di warung Pak Tondho adalahyang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini adalah sate kambingnya. Karena rasa dagingnya yang empuk dengan ukuran yang  lumyan besar, dipilih dari daging kambing muda. Selain sate kambing, ada pula menu gulai yang tak kalah nikmatnya.

7. Sate Ayu Padangan

Satu lagi kuliner sate yang legendaris di Bojonegoro adalh Sate Ayu Padangan. Dengan ciri khas sate pilihan dari daging kambing muda usia 6-7 bulan menjadikan satenya sangat lembut dan empuk di setiap gigitan. Sate Ayu selalu menjadi primadona bagi pelanggannya, lokasinya berada di Jalan Waduk Sonorejo No. 39, Banjarjo, Padangan

8. Pecel dan Kikil Saritong

Warung ini terletak di jalan Serma Abdullah, Desa Pacul. Sebelah baratnya Masjid Al-Falah. Yang bikin unik warung ini adalah bukanya mulai jam 6 sore hingga jam 12 malam. Menu andalan di warung Saritong yang berdiri sejak pertengahan 90an ini adalah nasi pecel dan kikil sapi dengan rasa super pedasnya.

Nasi pecel di tempat ini punya ciri khas bumbu pecelnya yang pedas dan lauk tempe goreng berukuran jumbo. Banyak juga yang datang untuk mencicipi kikil sapi legendaris buatan Mak Su, sang pemilik. Makanan kikil sapi rasa pedasnya wajib dicoba bagi pencinta kuliner pedas.

Nah sobat Kulinerasik, jika ingin mencoba sensasi kuliner legendaris Kota Bojonegoro, tempat-tempat ini wajib dikunjungi lho!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel