Resep Asem-Asem Daging Kambing Mak Nyus


Kulinerasik.comBiasanya daging kambing diolah menjadi sate, rendang, rica-rica, dan tulangnya dijadikan sup. Namun kali kita akan mengolah daging kambing menjadi menu yang berbeda dari sebelumnya. Yakni menjadi resep asem-asem daging kambing yang mak nyus.

Daging kambing sendiri berkhasiat sebagai penambah darah, sehingga bagi para penderita darah rendah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai olahan daging kambing sesuai porsinya dan tidak berlebihan. Namun bagi para penderita darah tinggi, menu ini tentu menjadi pantangan terbesar, sehingga jangan sampai mengkonsumsi olahan daging kambing demi menjaga kesehatan. Selain itu daging kambing juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan mampu meningkatkan stamina.
Asem-Asem Daging Kambing yang Mak Nyus
Bukan hanya sayur mayur saja yang bisa diolah menjadi Asem-asem, daging pun juga bisa. Bagi yang suka dengan sayur asem, tentu resep asem-asem daging kambing ini akan menjadi sensasi rasa yang nikmat. Tips untuk mengolah berbagai resep olahan daging kambing agar dagingnya menjadi empuk ternyata sangat mudah, asal kita tahu cara yang tepat dalam memprosesnya menjadi sebuah makanan lezat.

Tips Mengolah Daging Kambing agar Empuk:
  1. Sebelum mengolah menjadi makanan yang sehat, sebaiknya hindarkan daging kambing dari air.
  2. Cucilah daging kambing ketika anda sudah siap untuk mengolahnya, namun apabila sudah terlanjur terkena air sebelum waktunya daging tersebut akan diolah maka segera keringkan daging menggunakan lap bersih.
  3. Tips menghilangkan bau khas dari daging kambing adalah memanfaatkan buah timun. Caranya potong kecil-kecil timun dan remas-remas bersama daging kambing yang sudah dipotong-potong. Getah buah timun dipercaya mampu menghilangkan aroma kambing.
  4. Ada dua cara memasak pengolahan sop kambing, yakni menggunakan susu full cream atau susu kambing dan dengan kuah bening.

Jika sudah mengetahui cara mengolah daging kambing tentu akan sangat mudah. Perbedaan pengolahan daging kambing dan sapi hanya pada trik bagaimana cara menghilangkan bau prengus daging kambing. Karena daging sapi tidak memiliki aroma menyengat seperti kambing. Simak yuk cara membuat Resep Asem-Asem Daging Kambing Empuk dan tidak bau prengus. 

Bahan Resep Asem-asem Daging Kambing:
  • 500 gram daging kambing, potong-potong (bisa diganti daging sapi sengkel)
  • 2.000 ml air
  • 4 sendok teh air asam jawa
  • 50 gram buncis (potong kurang lebih 3 cm)
  • 3 siung bawang putih (iris kasar)
  • 8 butir bawang merah (iris kasar)
  • 2 buah cabe merah besar (potong bulat kurang lebih 2 cm)
  • 2 buah cabe gendot hijau besar (potong bulat kuran 2 cm)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas (memarkan)
  • 4 buah tomat hijau (potong 4 bagian)
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok teh garam
  • 25 gram gula merah
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Resep Asem-Asem Daging Kambing:
  1. Pertama, rebus daging di dalam air sampai 3/4 matang.
  2. Kemudian, panaskan minyak. Lalu tumis bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe hijau, daun salam, lengkuas, dan tomat sampai harum.
  3. Selanjutnya tuangkan tumisan ke dalam rebusan daging. Masak sampai mendidih. (air rebusan boleh diganti, boleh juga tidak tergantung selera)
  4. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk hingga rata.
  5. Kemudian masukkan air asam dan buncis. Masak sampai matang.

Untuk menambah rasa yang sedap, bisa menambahkan bawang goreng saat menyantapnya. Disarankan untuk menghidangkan dan segera memakannya selagi asem-asem daging kambing masih hangat. Dengan ditemani nasi pulen atau lontong dan ketupat tentu akan menambah kelezatan yang menggoda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel