Menikmati Pantai Depok, Pesona Pantai dan Kuliner Seafoodnya

Kulinerasik.com - Pantai Depok termasuk tempat wisata yang menerapkan wisata kuliner sekaligus wisata alam. Lokasi pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Parangtritis kurang lebih 1,5 km kearah barat secara administrative masih sama dengan Pantai Parangtritis yakni di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini merupakan surganya pecinta kuliner sea food, karena ikan yang dimasak masih merupakan fresh, didukung juga oleh warung warung yang menghadap kelaut sehingga dalam menikmati segala hidangan para pengunjung bisa langsung sekaligus menikmati keindahan deburan ombak pantainya yang indah.
Menikmati Pantai Depok, Pesona Pantai dan Kuliner Seafoodnya
Pantai ini mulai berkembang setelah beberapa nelayan dari Cilacap melihat adanya tempat berlabuh yang memadai dipantai dan hasil yang didapat nelayan Cilacap ini cukup banyak, sehingga warga sekitar pantai ini tergiur dengan keberhasilan nelayan Cilacap. Akhirnya pada saat itulah para warga sekitar pantai Depok menekuni profesi sebagai nelayan untuk menangkap ikan dan dari waktu ke waktu penghasilan nelayan di tempat ini semakin baik dan berkembang, dan untuk menjual hasil tangkapan ikan yang makin banyak, maka didirikan pangkalan pendaratan ikan dan dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan yang diberi nama Mina Bahari 45.

Dengan dikenalnya pantai Depok dengan pelelangan ikannya membuat pantai ini dipadati banyak pengunjung , melihat kondisi ini warga setempat melihat peluang untuk mengembangkan tempat pelelangan ini dipadu dengan sektor kuliner, yakni sebgaian hasil nelayan ditawarkan kepada pengunjung sekaligus dimasak ditempat itu. Maka tidak heran jika saat ini sudah banyak warung-warung yang dibangun untuk memenuhi permintaan para pengunjung yang semakin ramai.

Harga yang ditawarkan bagai hasil tangkapan tersebut juga tidak terlalu mahal dan banyak ragamnya selain udang, cumi-cumi, kepiting masih terdapat banyak lagi jenisnya. Yang paling sering dan banyak dijumpai yakni ikan cakalang ditawarkan sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 10.000 per kilogramnya. Ini bisa berisi 5 sampai 6 ekor ikan. Ada juga kakap putih dan merah dengan harga Rp. 25.000,- s/d 50.000,- per kilonya. Ikan ikan tersebut paling sering dibuat masakan dengan di goreng atau dibakar. Biaya untuk memasakan ke warung-warung juga tidak mahal sekitar Rp. 15.000,- per kilogramnya. Sembari menunggu yang proses memasaknya yang tidak terlalu lama kita bisa menikmati indahnya gulungan-gulungan ombak yang indah dipantai.

Untuk menuju tempat wisata ini, rute sama dengan ke pantai Parangtritis sebelum masuk lokasi Parangtritis kita berbelok kekanan, ikuti jalan tersebut hingga ketemu dengan Pantai Depok.

Click to comment