Skip to main content

Indahnya Goa Selarong, Saksi Sejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro

Kuliner Asik - Tempat ini merupakan bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro, sebagai tempat sementara dalam menyusun segala strategi setalah kediamannya di serang dan dibakar oleh Belanda. Dalam pelariannya dari Kediamannya dengan menjebol dinding pagar tembok yang tebal Pangeran Diponegoro pergi kearah barat sampai Kulon progo dan kemudian bergerak keselatan hingga menemukan Goa Selarong tersebut. 

Goa ini terletak di dusun Kembang Putihan desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 14 km kearah selatan dari kota Yogyakarta, rute yang paling nyaman melewati desa Kasongan, tempat penjualan Grabah. Dari Kasongan mengikuti jalan utama sampai perempatan Gowasari anda belok kiri.
Goa Selarong
Goa Selarong

Goa selarong berada dalam deretan pegunungan kapur yang ditumbuhi pohon rindang. Begitu masuk area Wisata ini kita kan dapat melihat patung Pangeran Diponegoro yang menaiki kuda dan juga peta lokasi wisata ini. 

Dari tempat ini kita harus berjalan sejauh 200 m dan kemudian harus menaiki tangga yang agak curam. Setelah sampai diatas maka kita akan melihat 2 buah gua. Gua yang pertama disebelah timur merupakan Goa putri, karena tempat ini menjadi tempat beristirahatnya Raden Ayu Ratna Ningsih, isteri Pangeran Diponegoro beserta para pengiringnya. 

Sedangkan sebelah Barat dinamakan gua kakung karena digunkanan oleh Pangeran Diponegoro sendiri. Masing masing gua memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter untuk lebar gua kakaung sekitar 2 meter sdangkan gua putri yakni sekitar 3 meter.

Tempat ini merupakan basis kekuatan Pangeran Diponegoro beserta laskarnya unuk menyusun strategi dalam berperang secara gerilya. Kenapa demikian , karena untuk berperang secara terbuka jelas dari pihak Pangeran Diponegoro kekurangan senjata atau perlengkapannya maupun secara personil. 

Perlawanan Diponegoro dimulai tahun 1825 dan berakhir tahun 1830, selama kurang klebih 5 tahun kerugian pihak Belanda sangat banyak hampir 15 ribu tentara dan menghabiskan dana 20 juta guiden.

Baca juga: Wisata Alam Goa Gelatik, Keindahan yang Terselimuti

Didekat gua ini terdapat mata air atau sendang yang bernama sendang Manik maya. Agak sedikit jauh dari lokasi gua. Sendang ini kemungkinan besar dulu dipakai sebagai tempat mandi dan bersuci. Satu lagi sendang tidak jauh dari Sendnag Manik Maya yakni Sedang UmbuL Mulya untuk merupakan mata air sebagai tempat mencuci dan memasak. Tempat ini bayak orang yang menggunakannya sebagai tempat meditasi, sehingga sering disebut Wisata religius.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik