Skip to main content

Wisata Alam Goa Gelatik, Keindahan yang Terselimuti


Kulinerasik.com - Wisata goa gelatik merupakan wisata alam yang ada di daerah Karangmojo tepatnya berada dalam wilayah desa Bejoharjo, Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul. Keberadaan wisata alam ini menjadi salah satu tujuan wisata yang mendukung keberadaan desa wisata Bejiharjo tersebut. Goa ini sebelumnya sebagai tempat bertapa bagi orang orang yang menghendaki sesuatu agar terwujud keinginannya tersebut. Namun sejak dibuka sebagai tempat wisata sudah tidak ada lagi yang menggunakannya.
Wisata Alam Goa Gelatik, Keindahan yang Terselimuti
Akses menuju goa ini akan didampingi oleh pemandu yang disediakan oleh pengelola dengan beberapa perlengkapan yakni berupa helm untuk menjaga kepala kita dari benturan dinding goa, dan juga sepatu agar selama perjalan didalam goa yang agak licin, untuk menjaga anda tidak terpeleset, kemudian tabung oksigen untuk berjaga jaga jika nantinya kehabisan oksigen didalam goa karena goa ini kedap udara dan satu perelengkapan lagi yang lain yakni lampu senter.

Karena pintu goa yang sempit membuat petualangan jelajah goa semakin lengkap, untuk memasuki goa ini anda harus merangkak ataupun menduduk dengan menempuh jarak kurang lebih 15 meter. Goa tersebut termasuk goa kering karena tidak seperti goa pindul yang merupakan aliran sungai. Namun tanah goa tetap saja agak becek karena tetesan air dari stalaktit. Kondisi yang gelap, lembab serta kedap udara membuat tantangan sendiri bagi anda yang punya nyali untuk meyusuri goa ini.

Banyak pemandangan yang menakjubkan dengan adanya stalaktit dan stalakmit yang masih berproduksi, jadi jangan pernah anda memegang batu batu yang masih mengalirkan air, karena berarti merupakan stalaktit atau stalakmit yang masih hidup. Dan hal ini pasti akan diingatkan oleh pemandu sebelum anda memasuki goa, hal ini dimaksudkan agar keberadaan stalaktit dan stalkmit tersebut masih bisa berkembang.

Untuk anda yang ingin merasakan air yang mengalir lewat stalaktit dan stalakmit tersebut yang konon bisa membuat anda awet muda dan cantik jika diusapkan ke muka harus menunggu sampai menetes dari ujung stalaktit dan stalakmit. Sedangkan stalaktit dan stalakmit yang sudah mati juga tak kalah menariknya, menjadi penghias dinding goa sehingga dinding goa semakin berkilauan jika terkena sinar lampu. Sungguh suatu keindahan dalam gelap yang sangat menakjubkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik