Skip to main content

Resep Abon Cakalang Kering - Lezat Dan Mudah Dibuat


Resep Abon Ikan Tongkol Gurih yang Enak dan Sehat ala Rumahan Tips Bunda
Resep Abon Ikan Tongkol Gurih yang Enak dan Sehat ala Rumahan Tips Bunda from tipsbunda11.blogspot.com

Abon cakalang kering adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi, abon cakalang kering ini bisa menambah citarasa makanan dan juga menambah kesegaran. Abon cakalang kering punya cita rasa yang khas dan kuat, jadi pastinya banyak orang yang suka. Selain itu, abon cakalang kering juga mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak bahan. Jadi, jika kamu ingin membuatnya, berikut ini adalah resep abon cakalang kering yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat abon cakalang kering ini adalah:

  • 1 ikat cakalang kering
  • 3 sdm saus ikan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak sayur

Cara Membuat Abon Cakalang Kering

Berikut ini adalah cara-cara membuat abon cakalang kering:

  1. Pertama, potong-potong cakalang kering sesuai selera.
  2. Setelah itu, campurkan saus ikan, garam, gula, merica bubuk, dan minyak sayur dalam wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Masukkan potongan cakalang kering ke dalam campuran bumbu tadi. Aduk rata hingga semua potongan cakalang kering tertutup dengan bumbu.
  4. Setelah itu, masukkan campuran bumbu dan cakalang kering ke dalam wadah yang sudah berisi air panas.
  5. Masak campuran bumbu dan cakalang kering hingga air menyusut dan bumbu mengering.
  6. Setelah semua bahan matang, angkat dan tiriskan abon cakalang kering.
  7. Abon cakalang kering siap disajikan.

Kandungan Gizi Abon Cakalang Kering

Abon cakalang kering ini mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin B12. Protein yang terkandung dalam abon cakalang kering ini bisa membantu meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh. Kalium dan kalsium yang terkandung dalam abon cakalang kering ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin B12 yang terkandung dalam abon cakalang kering ini bisa membantu meningkatkan energi dan menjaga kesehatan otak. Selain itu, abon cakalang kering juga rendah lemak dan kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Manfaat Abon Cakalang Kering

Selain enak, abon cakalang kering juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat abon cakalang kering:

  • Meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko berbagai penyakit
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Membantu meningkatkan energi dan menjaga kesehatan otak
  • Rendah lemak dan kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang

Kesimpulan

Abon cakalang kering adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi, abon cakalang kering ini bisa menambah citarasa makanan dan juga menambah kesegaran. Abon cakalang kering punya cita rasa yang khas dan kuat, jadi pastinya banyak orang yang suka. Selain itu, abon cakalang kering juga mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak bahan. Jadi, jika kamu ingin membuatnya, berikut ini adalah resep abon cakalang kering yang bisa kamu coba. Abon cakalang kering juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu meningkatkan energi dan menjaga kesehatan otak. Jadi, jika kamu ingin menikmati makanan yang lezat dan sehat, abon cakalang kering ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik