Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Acar Kuning Ikan


Pin on Ikan Nila Acar Kuning
Pin on Ikan Nila Acar Kuning from www.pinterest.com

Pelengkap yang Menyegarkan


Acar kuning ikan merupakan hidangan pelengkap yang menyegarkan untuk disajikan bersama berbagai hidangan. Acar kuning ikan terbuat dari ikan yang dicampur dengan bumbu cabai, jahe, bawang merah dan banyak bahan lainnya. Rasa gurih dan asam dari acar ini akan menambah kenikmatan setiap makanan. Resep acar kuning ikan yang akan kami bagikan kali ini sangat mudah dibuat dan pastinya sangat lezat. Berikut adalah ingredien-ingredien yang diperlukan untuk membuat acar kuning ikan.

Bahan-Bahan

  • 2 ekor ikan segar (bisa menggunakan ikan segara, ikan gurami atau ikan lainnya)
  • 4 buah cabai merah (iris halus)
  • 4 buah bawang merah (iris halus)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh kaldu jamur
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 3 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 ruas jahe (kupas dan parut)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh (cincang halus)
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat Acar Kuning Ikan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan dengan bersih. Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan gula pasir. Lalu biarkan beberapa saat sebelum dimasak. Kemudian, panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng ikan hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Setelah itu, panaskan lagi minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan cabai, jahe, sereh, daun salam, dan kaldu jamur. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Masukkan ikan goreng tadi dan aduk hingga ikan tercampur dengan bumbu. Selanjutnya, tambahkan air asam jawa dan aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Masak hingga air asam menyusut dan bumbu meresap ke dalam ikan. Angkat dan sajikan dengan bawang goreng sebagai taburan.

Kandungan Gizi Acar Kuning Ikan


Acar kuning ikan mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Protein dan asam lemak diperoleh dari ikan dan bahan lainnya. Karbohidrat diperoleh dari bahan-bahan seperti gula, garam dan bumbu-bumbu. Vitamin dan mineral diperoleh dari bahan-bahan seperti cabai, jahe, bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya. Acar kuning ikan juga kaya akan serat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Manfaat Acar Kuning Ikan


Acar kuning ikan mengandung berbagai manfaat kesehatan. Protein yang terkandung dalam acar kuning ikan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan meningkatkan jaringan otot. Lemak yang terkandung dalam acar kuning ikan membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam acar kuning ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, serat yang terkandung dalam acar kuning ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Kesimpulan


Acar kuning ikan merupakan hidangan pelengkap yang menyegarkan dan sangat mudah dibuat. Resep acar kuning ikan yang kami bagikan kali ini sangat mudah dibuat dan pastinya sangat lezat. Acar kuning ikan mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu, acar kuning ikan juga mengandung berbagai manfaat kesehatan. Jadi, jika Anda ingin menikmati hidangan pelengkap yang lezat dan sehat, cobalah membuat acar kuning ikan. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Resep Acar Kuning Ikan"