Skip to main content

Tips Memilih Air Fryer yang Bagus

Kuliner Asik, Siapa sih yang tidak suka dengan gorengan, salah satu makanan terpopuler di Indonesia. Mulai dari tempe mendoan, bala-bala hingga bakwan selalu ada di sekitar kita. Secara, untuk tubuh kita sangat tidak baik jika sering dikonsumsi ini. Untuk itu kita harus memulai hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, dan tubuh menjadi bugar. 

Tips Memilih Air Fryer

Dan salah satu cara memulai hidup sehat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak dengan alat masak bernama air fryer. Yakni sebuah alat berupa penggorengan yang memungkinkan Anda untuk menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak. Ini juga bisa menjadi pilihan jika Anda jika ingin menikmati gorengan dengan kalori yang rendah. 

Kelebihan alat elektronik air fryer adalah memiliki kepraktisan dalam kegiatan menggoreng dan memanggang. Tidak memerlukan minyak goreng lagi untuk mematangkan suatu masakan, hanya tinggal memasukkannya ke dalam keranjang lalu masakan tersebut akan matang. Alat ini juga sangat mudah ketika ingin dibersihkan. 

Tips Memilih Air Fryer yang Bagus

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli air fryer yang bagus. 

1. Lihat Fiturnya 

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli air fryer adalah melihat fiturnya. Ada air fryer yang bisa berfungsi memanggang ayam, hingga mengukus makanan. 

Selain itu, pilih air fryer yang mudah dioperasikan bagi pemula, sehingga kegiatan menggoreng Anda lebih menghemat waktu.

2. Perhatikan Kapasitasnya 

Sebelum Anda membeli pastikan dulu kapsitasnya air fryer tersebut. Umumnya alat memasak ini memiliki kapasitas 2-7 liter. 

Apabia Anda memiliki banyak anggota keluarga di rumah, sebaiknya pilih kapasitas yang lebih besar (7 liter). Namun jika hanya 2 orang, sebaiknya memilih kapasitas yang lebih kecil saja. Yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan alat ini tidak boleh terlalu penuh. 

3. Ketahui Kelengkapan Produk

Anda harus mengetahui kelengkapan dari produk tersebut. Biasanya air fryer ini dilengkapi dengan panci yang sesuai dengan ukuran dari produk tersebut. 

Karena setiap brand memiliki penawaran kelengkapan yang berbeda-beda. Itu sebabnya Anda perlu mengetahuinya dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Penyesuaian Suhu 

Setiap air fryer memiliki tingkatan suhu yang ditawarkan, mulai dari 200 hingga 300 derajat celcius. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.   

5. Daya Listrik 

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan air fryer adalah daya listriknya, sebab daya listrik yang diperlukan oleh alat elektronik ini cukup besar, yakni sekitar 1.000 watt ke atas. 

Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan daya listrik dalam rumah Anda sehingga air fryer bisa awet dan tidak menimbulkan masalah saat pengoperasiannya. 

6. Bentuk 

Terakhir adalah bentuk, ada berbagai bentuk yang ditawarkan alat elektronik ini. Antara lain ada yang memiliki laci atau bukaan di bagian depan, ataupun ada yang di atas. Ada juga yang memiliki tutup transparan. 

Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan di dapur Anda, agar tidak membuat perlatan di dapur semakin penuh.

Rekomendasi Air Fryer Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi air fryer terbaik yang sudah admin rangkum:

  • Air Fryer Philips HD9220
  • Xiaomi Onemoon OA1 Smart Air Fryer
  • Oxone Ox-199 Fryer
  • Russell Hobbs Purifry Health Fryer
  • Maspion AF-251

Selengkapnya baca di ceklist.id

Baca juga: 5 Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Sahur

Itulah tips memilih air fryer yang bagus, semoga dengan cara memasak yang sehat tubuh juga segar dan bugar selalu. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik