7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Lebaran

Kulinerasik.com - Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan besar umat muslim seluruh dunia, seluruh umat muslim larut dalam momen ini. Tradisi anjangsana di keluarga yang lebih tua selalu di lakukan, maupun silaturahim kerumah tetangga untuk saling memaafkan menjadi momen istimewa. Tentunya saat berkunjung kerumah keluarga, banyak makanan yang menggoda lidah yang sulit untuk ditolak. Kebanyakan dari kita tidak bisa mengontrol pola makan saat lebaran, yang akhirnya bisa menyebabkan penyakit.
Buah dan Sayur sangat Baik untuk Kesehatan
Padahal kebiasaan makan saat Ramadan membuat tubuh harus kembali beradaptasi dengan pola makan selepasnya. Tubuh akan kaget saat kita mengkonsumsi banyak makanan. Selain itu, bisa membuat perut menjadi kembung, kekenyangan, dan juga pastinya penambahan berat badan.

Agar tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri nanti, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan juga lho! Yuk kita simak 7 tips menjaga tubuh agar tetap sehat selama Lebaran.

1. Makan Dengan Porsi yang Cukup

Ada banyaknya makanan saat lebaran bisa membuat kita kalap dan tidak memperhatikan porsi makan. Apa saja yang ada ingin kita makan seperti ingin balas dendam setelah sebelumnya puasa. Hal ini tidak boleh dilakukan karena akibat dari makan kekenyangan adalah rasa tidak nyaman, perut begah dan bisa memicu kenaikan berat badan secara cepat. Terlebih makanan-makanan yang disantap mengandung banyak lemak dan tak sehat. 

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Makan buah dan sayur dapat mengimbangi asupan makanan berlemak pada saat lebaran. Buah dan sayur efektif untuk menetralisir kelebihan gula dan lemak jahat yang masuk dalam tubuh sehingga melancarkan sistem pencernaan. 

3. Minum Air Putih

Saat lebaran, bermacam aneka sirup rasa tersedia. Sebaiknya selau imbangi dengan minum air putih untuk mengobati rasa haus Anda. Itu karena air putih lebih sehat dan memiliki fungsi lebih baik dibanding minuman lainnya seperti sirup atau softdrink. Air putih sangat penting sebagai sumber cairan tubuh untuk menjalani aktifitas sibuk Anda selama lebaran. 

4. Waspadai Makanan Lebaran

Kebanyakan kue-kue lebaran dan makanan yang disajikan terbuat dari bahan-bahan yang bisa memicu gangguan kesehatan, bisa menaikkan berat badan dengan cepat, bahkan beberapa diantaranya merupakan pantangan dari beberapa jenis penyakit semisal diabetes, asam urat, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Karena itu waspadailah setiap makanan yang hendak dikonsumsi saat lebaran.

5. Konsumsi Penawar Lemak

Jus jeruk atau kopi hitam adalah minuman yang dapat menetralisir lemak di dalam tubuh. Kedua minuman tersebut dapat kamu konsumsi setelah kamu menikmati aneka makanan yang kaya lemak. Jika kamu banyak mengkonsumsi aneka buah jus dan minuman herbal, maka fungsinya akan berubah menjadi penawar dari konsumsi makanan berlemak khas lebaran. Cara seperti ini bisa membuat kamu tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri nih.

6. Terus Aktif Bergerak

Setelah makan, jangan langsung tidur atau bermalas-malasan. Lakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan kecil, main dengan keponakan, atau bantu merapikan meja makan. Aktivitas ringan seperti ini sangat bermanfaat untuk membakar kalori di dalam tubuh.

7. Istirahat Cukup

Aktifitas anjangsana dan bersilaturahmi pasti membuat tubuh lelah dan perlu istirahat untuk memulihkan tenaga. Karena itu tidur lebih cepat itu penting, meski terkadang acara silaturahmi ada yang berlangsung hingga malam. Namun sempatkanlah waktu untuk mengistirahatkan tubuh agar kondisinya tidak drop dan jatuh sakit.

Menjaga kesehatan selama hari lebaran harus diperhatikan, agar kita bisa selalu sehat dan jauh dari penyakit-penyakit yang mengincar. Aktifitas bekerja setelah libur lebaran pun bisa dimulai dengan semangat lagi. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri!

Click to comment