Skip to main content

7 Cara Bisnis Online Makanan untuk Pemula

Kuliner Asik, Apabila Anda berkeinginan untuk memulai bisnis online makanan, maka tepat sekali membaca artikel ini. Karena, di sini akan dibahas tentang cara bisnis online makanan hingga sukses.

Cara Bisnis Online Makanan

Saat ini banyak bermunculan kedai-kedai makanan online yang menjual produk kuliner mereka melalui media sosial. Tren ini berkembang dikarenakan adanya kesibukan yang dijalani oleh masyarakat.

Kondisi ini menguntungkan untuk Anda yang ingin memulai bisnis online salah satunya adalah makanan. Anda dapat mencoba cara bisnis online makanan berikut yang bermanfaat.

Cara Bisnis Online Makanan

Media sosial merupakan hal yang penting bagi masyarakat millenial khususnya. Dalam satu hari rasanya setiap detik orang memandang layar ponsel mereka untuk menjelajahi media sosial. Tentu hal ini dapat Anda gunakan sebagai media penjualan makanan yang akan Anda rintis. Berikut tips untuk Anda.

1. Pajang produk Anda di aplikasi jualan online

Anda dapat memajang produk Anda di berbagai aplikasi yang menyediakan tempat untuk mempromosikan makanan Anda, seperti iklan Instagram, Go-Jek, Grab, atau yang lainnya. 

Hal ini akan mempermudah konsumen untuk menemukan produk makanan Anda dibanding dengan Anda memajangnya sendiri.

2. Ikuti promo

Dengan Anda mengikuti setiap program promo yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi atau media sosial tempat Anda berjualan, maka dengan tidak sengaja Anda telah menyebarkan info mengenai produk makanan Anda secara luas karena biasanya promo yang diadakan oleh aplikasi tersebut diminati oleh pembeli.

3. Ikuti endorsment 

Endorsment memang sudah tidak diragukan lagi dalam keturutsertaannya mendongkrak popularitas produk yang di-endorse. 

Anda dapat mengikuti program promosi berbayar dengan cara menumpang untuk dipromosikan oleh akun-akun yang telah memiliki banyak pengikut seperti selebgram atau influencer. Dijamin produk Anda akan dibanjiri oleh pemirsa yang penasaran dengan makanan Anda.

4. Tunjukkan kualitas produk Anda

Hal ini merupakan yang paling terpenting dalam usaha Anda. Percuma banyak pembeli yang mampir ke toko Anda namun mereka kecewa dengan rasa masakan Anda dan memberikan review negatif kepada produk Anda, sehingga produk Anda tidak bisa bertahan lama karena banyak orang yang ragu karena melihat review pada produk makanan Anda.

Tunjukkan bahwa makanan yang Anda jual adalah makanan yang bercitarasa unik dan enak sehingga dapat membuat pelanggan Anda akan kembali lagi untuk memesan makanan Anda. Selain mendapat review yang positif, produk makanan Anda juga akan dikenal oleh banyak orang dan bahkan bisa saja toko online Anda akan menjadi rekomendasi banyak orang.

Baca juga: 5 Artis Top yang Sukses Berbisnis Kuliner

5. Aktif di media sosial

Aktif di media sosial memungkinkan Anda untuk merespon secara cepat permintaan pesanan pelanggan Anda. Jika tidak memungkinkan untuk online setiap saat, Anda bisa mempekerjakan asisten untuk mengelola bagian pesanan di sosial media. 

Intinya jangan sampai pelanggan Anda terlalu lama menunggu respon dari penjual makanan tersebut.

6. Bersikap ramah kepada pelanggan

Pelanggan akan merasa senang dan terlayani dengan baik jika pemilik toko bersikap ramah dan menyambut dengan hangat setiap pelanggan yang memesan produk mereka. 

Seperti halnya toko offline, pelanggan juga senang bila dilayani dengan baik. Anda dapat menggunakan bahasa yang halus dan sopan disertai kesabaran dalam melayani pelanggan.

7. Lakukan inovasi

Inovasi merupakan suatu hal yang sangat diminati oleh pelanggan. Jika Anda meluncurkan hal baru serta pengembangan dari produk makanan Anda, maka pelanggan akan tertarik dan penasaran untuk mencoba produk baru Anda. 

Namun Anda juga jangan menghilangkan produk ikonik Anda yang telah membesarkan nama toko Anda.

Baca juga: 5+ Bisnis Makanan untuk Berbuka Puasa Paling Laris

Kunci dalam penjelasan cara bisnis online makanan yang telah dijelaskan adalah jangan takut untuk memulai usaha Anda dan kembangkan ide yang Anda miliki. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik