Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Tips Makanan Sehat Sehari-hari untuk Tubuh yang Prima

Kulinerasik.com - Untuk menunjang aktifitas setiap hari, diperlukan tubuh yang prima. Agar tubuh kita selalu bugar dan sehat, sebaiknya asupan nutrisi yang cukup harus dikonsumsi tiap hari. Makanan yang sehat bagi tubuh harus memenuhi berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. 

Sayuran hijau adalah satu dari sekian makanan sehat yang bisa kita konsumsi sehari-hari. Karena kandungan nutrisi yang lengkap dalam sayuran hijau bisa membuat tubuh tetap segar dan prima. Banyak sayuran hijau yang bisa kita konsumsi tiap hari antara lain, sepert sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan seratnya yang tinggi.
Buah-buahan untuk Kesehatan Tubuh Sehari-hari 
Selain sayuran hijau, buah juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin, diantaranya adalah:
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, mengandung lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Apel, mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
  • Blueberry dan strawberry. juga kaya akan antioksidan dan serat.

Selain sayuran dan buah, tubuh juga mendapat nutrisi yang seimbang. Berikut ini adalah kelompok makanan sehat utama yang harus dikonsumsi:

1. Susu

Susu mengandung banyak vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat.  Susu juga merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, juga mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

2. Kacang-kacangan 

Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.

3. Daging dan Telur

Daging termasuk makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi.  Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibanding daging lainnya. Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling bergizi. Selain sumber makanan yang tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

4. Ikan

Ikan adalah jenis makanan laut sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Fakta membuktikan, orang yang sering makan ikan lautcenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi diatas,  kita juga harus memperhatikan makanan apa saja yang harus kita hindari. Sebaiknya selalu hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan seperti ini memiliki kalori tinggi, namun sedikit nilai nutrisinya. Hindari juga makanan atau minuman yang tidak sehat, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan.