11 Kuliner Khas Papua Yang Unik dan Aneh, Berani Coba?


Kulinerasik.com - Papua adalah wilayah Indonesia yang terletak di bagian timur. Wilayah ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang bikin takjub mata. Papua memang memiliki daya tarik sendiri, keeksotisan budaya dan pemandangannya pun menjadi ciri khas Kota ini. Yang pasti masyarakat Papua adalah saudara kita juga.

Selain itu, Papua juga punya sejuta kuliner yang khas dan unik, yang gak mudah ditemui di tempat lain. Apa saja kuliner khas dari Papua yang unik?

1. Udang Selingkuh
Udang Selingkuh Khas Papua
Namanya memang agak aneh, Udang Selingkuh. Disebut udang selingkuh karena bentuk badannya itu udang, tapi capitnya mirip kepiting. Karena itulah kenapa dinamakan udang selingkuh. Udang Selingkuh sangat populer di daerah Wamena, Papua Barat. Biasanya disajikan dengan digoreng, direbus atau bisa juga dibakar.

2. Papeda
Papeda
Makanan khas yang satu ini sudah banyak orang yang tahu. Papeda terbuat dari bahan utama sagu, yakni sagu yang diolah menjadi seperti bubur yang berwarrna putih dan teksturnya itu lengket kayak lem. Rasa Papeda ini hambar atau gak ada rasanya. Masyarakat Papua biasanya menyantap Papeda dengan menggunakan ikan yang diolah menjadi makanan berkuah. Ikan yang dipakai seperti tongkol atau mubara, dimasak menjadi ikan kuah kuning.

3. Sarang Semut
Sarang Semut Tanaman dengan Banyak Manfaat 
Makanan khas Papua ini bentuknya mirip dengan sarang semut yang biasa ditemukan di sela-sela bebatuan. Sarang semut adalah sebuah tanaman yang banyak diburu oleh wisatawan karena kandungannya yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Konon, makanan ini berupa obat yang dapat mengobati beberapa penyakit.

4. Kue Lontar
Kue Lontar
Kue lontar termasuk makanan unik dari Papua yang sangat populer. Sekilas bentuknya mirip dengan pie susu atau cheesetart yang lagi hits saat ini. Faktanya di Papua sudah lebih dulu membuat kreasi bentuk seperti ini dengan olahan susu dan gula.

5. Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari yang Khas
Makanan khas Manokwari, Papua ini harus kamu coba langsung sensasinya. Ikan Bakar Manokwari dapat kamu jumpai di warung-warung atau rumah makan pinggir jalan. Cita rasa ikan tongkol diberi sambal khas Papua yang pedas dan nampol, apalagi disantap dengan nasi putih hangat, pasti enak!

6. Ikan Bungkus

Banyak yang ketagihan dengan makanan khas Papua ini, karena rasanya yang gurih dan nikmat. Ikan bungkus disajikan dengan bumbu yang kaya akan rempahnya, sehingga terasa begitu wangi dan nikmat. Cara mengolahnya pun cukup lama karena dibakar di atas api kecil agar semua bumbu meresap ke dalam daging. Bumbu yang digunakan untuk membuat membuat makanan khas Papua ini agak beda dari pepes, lebih beragam dan untuk membungkusnya ada sedikit tambahan daun salam.

7. Sagu Lempeng

Masyarakat Papua biasa menikmati makanan khas ini bersama secangkir teh atau kopi hangat sambil bersantai di sore hari. Bentuknya memang agak keras saat digigit, namun inilah yang menjadi ciri khas Sagu Lempeng. Sagu Lempeng dapat kamu temukan di daratan Papua, bahkan dapat kamu cari di setiap sisi kota.

8. Martabak Sagu

Beda dengan martabak yang biasa, Martabak Sagu terbuat dari sagu. Sagunya digoreng dan ditambahi saus yang terbuat dari gula merah, membuat makanan khas Papua ini rasanya manis. Martabak sagu berasal dari Kabupaten Fakfak, yang memiliki rasa dan juga bentuknya berbeda, tidak seperti martabak manis ataupun terang bulan. Rasa dari makanan khas Papua ini cukup enak karena rasa manisnya.

9. Sate Ulat Sagu

Jika mendengar namanya saja pasti merasa ngilu. Sate ulat sagu menjadi makanan khas di daerah Papua. Ulat sagu didapat dari pohon sagu yang udah tua dan lapuk. Masyarakat asli Papua, biasa makan ulat sagu itu secara langsung tanpa diolah. Namun, saat ini ulat sagu udah diolah jadi makanan yang lebih bervariasi, nggak dimakan langsung. Mengolahnya pun cuma ditusuk terus dibakar, mirip dengan sate. 

Penasaran dengan rasa sate ulat sagu,mampir saja ke Raja Ampat. Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa cobain makanan ekstrimnya.

10. Kue Bagea

Kue yang satu ini merupakan oleh-oleh wajib khas Papua. Nikmatnya kelembutan abon yang digulung dengan berbagai isian, seperti ayam, cokelat, stroberi, dan masih banyak lagi. Bentuk dari kue ini hampir mirip dengan bolu gulung, namun terbuat dari bahan yang berbeda.

11. Sambal Colo-colo

Jika kota lain punya ciri khas sambal yang pedas, di Papua kamu juga akan menemukan sambal khasnya. Yakni sambal bernama Colo-colo. Sebenarnya asal dari sambal ini dari kota Ambon dan Manado. Namun sambal ini begitu populer di Papua. Rasa pedasnya sangat khas, serta memiliki sedikit rasa asam dari kandungan jeruk nipis. Dijamin bikin ketagihan rasanya. 

Nah itu tadi sobat beberapa makanan khas Papua yang unik dan aneh. Gimana, tertarik mencobanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel