√ Sensasi Nikmatnya Kuliner Khas Indonesia Timur

Kulinerasik.com - Indonesia memang kaya akan warisan kulinernya, mulai dari pulau Jawa yang terkenal dengan masakan sambalnya dan Ambon dengan masakan khas ikan lautnya. Selain kuliner khas Pulau Jawa, di Indonesia bagian timur yakni Papua dan sekitarnya juga memiliki kuliner khas yang lezat yang bisa membuat lidah ketagihan setelah mencobanya.

Berbagai makanan khas Indonesia Timur juga tidak kalah lezat dan menarik untuk dicoba. Berikut ini Kulinerasik rangkum 12 makanan khas Indonesia Timur yang wajib dicicipi.

1. Ikan Kuah Kuning
Ikan Kuah Kuning Khas Maluku
Ikan kuah kuning termasuk salah satu makanan khas dari Indonesia bagian timur, dan biasanya makanan yang satu ini disantap bersama dengan Papeda. Sajian ikan kuah kuning ini berbahan dasar ikan tongkol dengan taburan daun kemangi yang membuat masakan ini lebih enak saat disantap.

2. Papeda
Papeda
Siapa yang tidak kenal makanan khas Indonesia Timur yang satu ini? Dari bahan yang digunakan saja sudah berbeda dari makanan kebanyakan di Indonesia, jika selama ini kita selalu mengkonsumsi nasi namun di daerah timur Indonesia yang populer adalah mengkonsumsi sagu dan salah satunya adalah Papeda ini. 

Papeda bisa kita jumpai di Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan kuah asam ikan tongkol atau ikan baubara dengan bumbu kunyit. Karena dari sagu makanan ini dominan berwarna putih dengan tekstur yang tidak biasa yaitu lengket dan kenyal menyerupai lem dengan rasa tawar, sehingga sangat jarang papeda dimakan begitu saja tanpa ditemani lauk, baik itu berkuah seperti ikan kuah asam, ataupun ikan bakar karena rasanya yang tawar.

3. Ikan Bakar Colo-colo
Ikan Bakar Colo-colo
Ikan Bakar Colo-colo adalah makanan khas Maluku, yang dibuat dari ikan tongkol dan ditumis dengan rempah-rempah. Kemudian baru dibakar sampai matang. Nama Colo-colo sendiri sejenis sambal yang terbuat dari campuran cabe, bawang, tomat hijau, garam, daun jeruk, dan merica yang dijadikan satu dengan ikan.

4. Gatang Kenari
Gatang Kenari Khas Maluku Utara
Gatang Kenari atau kepiting kenari berasal dari Maluku Utara dan berbeda dibandingkan kepiting lainnya. Kepiting kenari adalah satwa darat yang pandai memetik dan mengupas buah kelapa untuk dimakannya. Itulah sebabnya kepiting kenari mempunyai rasa yang lebih gurih dan manis daripada kepiting biasa. Gatang kenari sangat mudah ditemukan hampir di semua perairan Maluku Utara khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan.

5. Pisang Ape
Pisang Ape Khas Makassar
Pisang Ape merupakan kuliner khas kota Makassar, namanya juga sangat populer di pulau Jawa. Pisang epe merupakan pisang bakar yang diberi saus gula merah, coklat hingga keju, rasanya gurih dan manis dilidah.

6. Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah makanan berbahan utama ayam yang berasal dari kecamatan Taliwang di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Kuliner lezat satu ini memiliki rasa gurih dengan bumbu khas dari Taliwang ini, ayam yang dibakar kemudian di oles dengan bumbu taliwang hingga meresap, bumbu taliwang ini berbahan dasar, bawang merah, bawang putih, cabai merah kering, terasi goreng, kencur, tomat dan lainnnya.

7. Ayam Woku

Ayam Woku adalah makanan khas Indonesia timur yang populer di kota-kota besar, beberapa restoran di Jakarta dan Surabaya sudah menyajikan ayam woku sebagai menu utama mereka. Ayam woku adalah olahan ayam yang memiliki rasa pedas dan segar, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sangat berselera dengan masakan yang pedas. Makanan daerah Indonesia timur memang terkenal dengan rasa pedas, salah satunya ayam woku ini.

8. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar Manokwari berasal dari Papua, ikan bakar ini berbeda dengan ikan bakar lainnya yang ada di Indonesia. Ikan bakar ini memiliki rasa khas dari bumbu dan sambal yang hanya bisa didapatkan di Papua saja membuat ikan bakar ini benar-benar spesial.

Ikan yang dibakar biasanya adalah ikan tongkol namun juga bisa digunakan ikan jens lain, perbedaan terletak pada bumbu bakar yang disiram di atas ikan baakar, bumbu ini yang juga menjadi sambal ikan, bumbu mentah dan diulek kasar membuat rasa khas bumbu masih terasa di ikan bakar ini.

9. Martabak Sagu

Jika selama ini kita sering mengkonsumsi dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan martabak telur. Namun ternyata di Indonesia Timur terdapat kuliner dengan nama martabak sagu, seperti namanya martabak ini berbahan dasar sagu.
Makanan khas Papua ini di buat dengan bahan-bahan yang sederhana, seperti sagu yang sudah dihaluskan dan digoreng , setelah itu ditambahkan sausnya yaitu gula merah, sehingga rasanya pasti manis dan gurih.

10. Sate Ulat Sagu

Kuliner ekstrim yang satu ini bisa kamu temukan di Papua, meskipun terdengar sedikit menjinjikan jika mendengar ulat, tapi ulat yang satu ini berbeda dengan ulat yang sering kita temui, ulat ini bersih dan hanya terdapat di dalam pohon sagu saja. Ulat sagu bagi masyarakat Papua merupakan sumber energi dengan kadar kolestrol rendah, kandungan protein dan juga beberapa kandungan lainya yang sangat baik untuk tubuh bisa didapatkan di ulat sagu ini.

11. Udang Selingkuh
Udang Selingkuh
Nama kuliner ini memang unik, udang selingkuh adalah udang besar yang memiliki capit seperti kepiting yang mungkin menyebabkan cikal-bakal penamaan udang ini, karena dianggap selingkuh dengan kepiting. Karena mempunyai bentuk udang namun dengan capit kepiting. Kuliner udang selingkuh biasanya dihidangkan dengan dibakar maupun di goreng.

12. Aunu Senebre

Makanan khas Indonesia Timur terkhir adalah Aunu Senebre dari Papua. Makanan ini merupakan olahan ikan teri dan nasi yang digoreng, setelah digoreng kemudian irisan daun talas dan parutan kelapa di campur, kemudian setelah bercampur sempurna kemudian Aunu senebre di kukus, dan siap untuk disantap. Lebih nikmat jika disantap bersama Papeda untuk menambah kelezatan dari Papeda.

Nah sobat kulinerasik, demikian 12 kuliner khas Indonesia Timur yang tak kalah lezat dengan makanan di wilayah Indonesia lainnya. Kamu harus coba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel