Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Olahan Daging Kurban yang Sederhana Tapi Mantul Rasanya

Kulinerasik.com - Hari raya kurban sebentar lagi tiba, bagi umat islam yang merayakan pasti akan ada banyak persediaan daging kambing atau sapi yang melimpah di rumah. Akhirnya bingung untuk dimasak apa? Mau dimasak sate, gulai, dan tongseng? Itu sudah biasa. Kini saatnya membuat masakan yang unik dan berbeda. Masaknya simple, bahannya mudah, tapi hasilnya dijamin enak. Langsung yuk kita intip olahan daging kurban yang sederhana tapi mantul rasanya berikut ini:

1. Kebab Kulit Lumpia
Kebab Kulit Lumpia yang Mak Nyus
Sajian ini sangat mudah dibuat, karena memasak kebab dengan kulit lumpia bahannya mudah dicari. Dagingnya pun tidak dipanggang tapi cukup ditumis dengan berbagai bumbu sesuai selera. Dagingnya bisa dicincang atau diiris tipis-tipis.

Lalu setelah daging sapi dimasak dan sudah matang, siapkan kulit lumpia yang sudah di panggang dengan teflon hingga kering. Letakkkan daging di atas daun selada kemudian tambahkan sayuran seperti bawang bombay, tomat, dan wortel yang sudah dicampur dengan mayonnaise. Gulung kulit lumpia dengan rapi dan sajikan dengan mayonnaise pedas.

2. Steak
Steak dari Olahan Daging Kurban yang Mantul
Makanan steak selain mudah bikinnya, bahannya pun juga tidak banyak. Cara membuatnya daging dipotong melebar dan dilumuri dengan merica dan garam. Memasaknya cukup menggunakan teflon dan tunggu hingga benar-benar matang.

Sausnya kita juga bisa memasaknya sendiri. Berbahan tepung maizena, saus tomat, kecap, lada hitam, bawang bombay, dan bumbu lainnya sesuai selera. Sebagai pelengkap tambahkan wortel, kentang, buncis, dan jagung yang telah direbus.

3. Kwetiau Sapi
Kwetiau Sapi yang Menggoda
Kali ini kita akan mengolah kwetiau dengan daging sapi. Bahan yang digunakan juga mudah tinggal menambahkan sayuran seperti kubis, sawi, daun bawang, dan cabai merah. Bisa juga kita menambahkan sayuran lain sesuai selera.

Bahan-bahan yang sudah siap dimasukkan dalam penggorengan, lalu dimasak dengan minyak yang sedikit. Tambahkan bumbu seperti saus tiram, kecap manis, kecap asin, bubuk cabe, merica, bawang putih, garam, dan lain sebagainya.

4. Bakso Bakar

Karena persediaan daging yang melimpah dan bingung mau dimasak apalagi, kamu bisa mengolah daging untuk dibuat bakso. Namun untuk mendapatkan rasa bakso yang beda dari bakso biasa. Bakso yang sudah jadi bisa kita masak menjadi olahan seperti bakso mie, sup bakso, atau bakso bakar.

Bakso bakar cocok sebagai menu cemilan ketika kita lapar, tapi tak ingin menghabiskan waktu lama untuk memasak. Bakso tinggal ditusuk dengan tusuk sate kemudian dioles dengan bumbu seperti kecap dan saos. Bisa juga menggunakan bumbu siap saji seperti saos barbeque. Setelah itu bakso tinggal dibakar hingga kecokelatan.

5. Siomay Sapi

Daging sapi kurban pun bisa dimanfaatkan untuk membuat siomay yang mak nyus. Cara membuatnya menggunakan daging yang sudah digiling halus. Setelah daging digiling, kemudian diuleni bersama tepung tapioka dan telur serta bumbu-bumbu.

Kemudian adonan siomay direbus, bisa juga kita kukus atau goreng, semua tergantung selera. Sebagai pelengkap tambahkan kubis, kentang, dan pare rebus serta tahu putih kukus. Sebagai pelengkap, jangan lupa saus kacang, kecap, dan saus tomat.

6. Nugget Sapi

Setelah membikin siomay sapi, daging sapi giling yang tersisa bisa kita manfaatkan untuk membuat nugget lho! Yuph, nugget ayam bukan sapi. Cara membuatnya sangat mudah kok, yakni daging giling diuleni bersama tepung terigu, dan bumbu-bumbu. Adonan kemudian dibentuk dan dikukus. Kemudian adonan dibaluri dengan tepung panir dengan memakai telur untuk merekatkannya.

Nugget berbalur panir selanjutnya bisa digoreng hingga kecokelatan. Sisa nugget bisa juga disimpan dalam freezer sebagai stok di kemudian hari. Jadi tidak perlu repot ketika malas memasak, cukup goreng saja nugget sapinya.

Selamat mencoba!