Gak Cuma di Indonesia, Negara ini Juga Punya Kuliner Khas Lebaran yang Rasanya Mantul Banget!

Kulinerasik.com - Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki kuliner khas yang selalu disajikan waktu Lebaran. Setiap negara memiliki caranya masing-masing dalam merayakan Idul Fitri. Tidak hanya cara yang unik, tetapi juga ada makanan khas yang selalu disajikan saat hari Lebaran tiba.

Bentuk, rasa, dan jenisnya pun bervariasi, sesuai dengan selera dan budaya warga setempat. Ada yang serba manis atau pedas, bersantan dan penuh kalori, serta ada juga yang penuh cita rasa rempah-rempah.

Di Indonesia sendiri, makanan-makanan seperti ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, kue kering dan berbagai makanan khas lainnya pasti wajib tersedia saat lebaran. Inilah kuliner khas Lebaran di sejumlah negara yang rasanya juga mantul banget!

1. Indonesia
Ketupat
Ketupat makanan terbuat dari beras yang dimasak di dalam sarang daun kelapa berbentuk belah ketupat. Ketupat biasanya disajikan dengan sayur santan yang berisi nangka, labu siam, dan lain-lain. Sedangkan untuk kue adalah Nastar, yakni merupakan kue kering berisi selai nanas, meski ada juga yang memodifikasi warna atau isinya.

2. India
Hyderabad Haleem
Negeri Bollywood ini memiliki makanan khas juga saat lebaran, yaitu Hyderabad Haleem. Yakni merupakan makanan favorit masyarakat India yang terbuat dari bubur gandum, daging sapi atau kambing, dan kacang lentil yang ditumbuk halus. Sama seperti makanan India pada umumnya, Hyderabad Haleem juga terdiri dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe, jinten, kayu manis, cengkeh, lada hitam, bawang putih dan kapulaga. Biasanya bubur Hyderabad Haleem ini dihidangkan saat panas dengan tambahan ketumbar cincang, irisan telur rebus, taburan bawang goreng serta perasan air jeruk lemon.

3. Mesir
Kahk
Pertama adalah sajian Kahk, yakni kue kering berisi kacang dan bertabur gula bubuk. Kedua adalah Fattha, yaitu nasi yang dimasak dengan tomat, kemudian ditambahkan pasta seperti bihun. Untuk bahan pelengkap, ditambahkan daging atau kikil.

4. Pakistan
Sheer Kurma
Sajian Khas Lebaran khas Pakistan adalah Sheer Kurma atau kurma susu merupakan sajian berupa puding yang berisi vermicelli noodles, makanan sejenis bihun.

5. Turki

Di Negara Turki sendiri ada Debyaza, semacam puding aprikot. Halawa juga merupakan puding tradisional Turki. Ada juga Ta'teema yakni makanan khas dengan pilihan keju, mentega, selai dan telur matang. Sementara, Baklava dan Lokum adalah penganan manis.

6. Bangladesh

Negara punya makanan khas Lebaran bernama Curry Chotpoti, atau kare yang terbuat dari kacang polong, kentang, dan telur, dan tidak berisi daging-dagingan, sehingga makanan ini berkalori rendah.

7. Yordania

Qatayef adalah makanan sejenis pancake atau serabi dengan aroma kayu manis yang diisi kacang-kacangan dan gula. Agar menambah kelezatannya, Qatayef biasanya ditambah sirup panas atau madu.

8. Myanmar

Sa Nwin Ma Kin, yaitu kue atau puding yang diolah dari semolina atau butiran gandum. Penganan ini dipadukan dengan Danbauk Htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint, dan cabe hijau.

9. Tiongkok

Mi La Mian merupakan sejenis mi tarik yang terbuat dari gandum. Cara menyajikannya hampir sama dengan mi ayam ala Indonesia, yaitu diberikan topping daging ayam atau sapi di atas mi.

10. Maladewa

Gulha dan Kulhi Boakibaa adalah kuliner khas lebaran dari Maladewa. Makanan ini terbuat dari hasil olahan laut. Gulha merupakan camilan unik berbentuk bola-bola yang terbuat dari olahan ikan, sedangkan Kulhi Boakibaa merupakan nasi yang dicampur dengan daging tuna segar.

11. Maroko

Meloui dan Chicken Bastilla wajib disajikan saat Lebaran tiba di Maroko. Makanan ini selalu hadir di saat hari raya Idul Fitri Tiba. Makanan ini adalah camilan yang terbuat dari terigu, gula, garam dan ragi, sedangkan Chicken Bastilla adalah kue yang terbuat dari bahan dasar ayam.

Nah, kalau makanan kesukaan kamu apa saat Lebaran tiba?

Click to comment