Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan, Kamu Harus Coba!


Kulinerasik.com - Bagi kaum perempuan momen bulan Ramadhan selain digunakan untuk ibadah, juga kesempatan untuk menjalani diet sehat agar mendapatkan tubuh yang ideal. Namun kebanyakan prakteknya tidak semudah itu, tidak sedikit para wanita yang mengalami gagal diet, atau berat badannya justru bertambah melar selama bulan puasa.
Untuk mengatasi itu, kamu harus menerapkan pola makan yang sehat dan tepat jika ingin berat badanmu berkurang. Berikut ini kami paparkan tips diet sehat yang bisa kamu terapkan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Kurangi Makanan yang Manis
Kurangi Makanan yang Manis 
Makanan yang manis-manis memang selalu tersaji dibulan puasa ini, karena banyak orang yang gemar dengan makanan manis seperti coklat, kolak pisang, dan lainnya. Kamu boleh saja mengkonsumsi makanan ini asal jangan berlebihan, karena bisa menyebabkan kegemukan karena bisa membuat jumlah insulin dalam badan meningkat yang membuat produksi lemak juga akan meningkat, dapat menghambat hormon leptin sehingga tidak bisa membuat yang mengonsumsinya merasa kenyang dan kalori yang terkandung pada gula juga bersifat kosong.

Karena itu, kamu harus cermat dalam memilih makanan manis, usahakan pilihlah makanan yang memiliki kadar manis alami dan tidak berlebihan. Makanan tersebut bisa berupa kurma, madu, buah-buahan ataupun jus buah dengan gula alami secukupnya.

Wajib Makan Sahur

Kenapa harus sahur? Karena tenaga kita butuh asupan energi selama menjalani puasa dari pagi hingga sore hari ketika melakukan berbagai macam aktivitas. Pastikan terlebih dahulu kalau nutrisi pada tubuh sudah tercukupi. Karena pada saat puasa kondisi tubuh kita akan memerlukan nutrisi lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk makan sahur dengan mengonsumsi makanan yang bergizi sebelum berpuasa sebagai penunjang tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, lengkapi juga dengan buah-buahan dan air putih yang cukup. Sehingga kegiatan akan berjalan dengan lancar tanpa ada rasa lemas atau lelah berlebihan.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Beras Merah yang Mengandung Karbohidrat Komplek
Kebanyakan orang beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidratbisa membuat berat badan lebih mudah bertambah sehingga mereka memutuskan menolak makanan tersebut. Namun itu semuanya benar, justru mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat puasa sangatlah diperlukan karena serat yang terkandung di dalamnya membuat sistem pencernaan akan tetap terjaga, diantaranya bisa meningkatkan kadar glukosa darah, bisa membantu menjaga kestabilan tubuh dan mampu menetralkan kadar asam pada lambung sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada lambung.

Untuk mencukupi karbohidrat komplek dalam tubuh, kamu bisa memilih makanan yang disukai, misalnya saja oatmeal, beras merah, kentang, pisang, jagung, ubi jalar, roti gandum, buah-buahan, kacang dan sayur-sayuran.

Hindari Makan Gorengan

Camilan ini memang enak disantap setelah buka puasa, karena rasanya yang gurih dan renyah membuat sebagian orang menjadikan hidangan paling favorit atau menu yang wajib ada saat berbuka puasa. Namun, gorengan yang dibeli ataupun yang dibuat sendiri mengandung banyak minyak dan bumbu penambah rasa yang bisa membuat lemak pada tubuh bertambah banyak. Jika tidak ingin berat badan bertambah, sebaiknya hindari makan gorengan yang berlebihan. Kamu bisa menggantinya dengan menu makanan yang lebih sehat, seperti makanan yang direbus, dipanggang, sayur, buah dan sebagainya.

Lakukan Olahraga Ringan dengan Rutin
Lakukan Olahraga Ringan
Meskipun bulan puasa olahraga sangat penting dilakukan, salah satu manfaatnya adalah membakar lemak pada tubuh. Lakukanlah secara rutin dengan membagi waktu dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari atau setelah sholat subuh dan sore hari setelah pulang kantor. Cukup dengan melakukan olahraga kecil dengan waktu 15-30 menit seperti, jalan-jalan kecil, yoga dan sebagainya. Dengan begitu, metabolisme tubuh tentu akan tetap terjaga dengan baik, pikiran menjadi fresh dan tentunya kalori yang ada pada tubuh akan banyak terbakar.

Selain mendapat pahala kamu juga bisa mendapat berat badan yang kamu idam-idamkan lho!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel