Resep Membuat Manisan Kolang Kaling yang Enak dan Segar, Sajian Berbuka Puasa yang Istimewa


Kulinerasik.com - Makanan ini selalu menjadi menu favorit selama bulan Ramadhan, selain kulak pisang tentunya. Kolang kaling atau biasa disebut dengan buah atap ini adalah buah yang memiliki tekstur kenyal dengan bentuk lonjong, yang berwarna putih transparan dan memiliki rasa yang menyegarkan. Pas banget dijadikan menu untuk berbuka puasa.
Manisan Kolang Kaling
Kolang kaling dalam bahasa Belanda disebut Glibbertjes, terbuat dari pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Para petani buah kolang-kaling biasanya membakar buah aren hingga hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Kemudian biji kolang-kaling yang sudah direbus dapat direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehinga melalui proses fermentasi. Kolang-kaling sangat enak diolah menjadi camilan seperti manisan kolang kaling, campuran es buah, es kolang kaling. Pasalnya buah kolang kaling memiliki kadar air yang sangat tinggi. Dari berbagai penelitian menyebutkan bahwa kolang kaling mengandung kadar air mencapai 93,8% setiap 100 gramnya.

Berikut ini kami sajikan resep membuat manisan kolang kaling yang enak dan segar, sajian untuk buka puasa yang istimewa.

Bahan-bahan Manisan:
  • Kolang kaling 250 gram, cuci bersih, dengan perasaan air jeruk nipis, atau bisa dicuci bersama daun bamboo agar kolang kaling bersih dan keset
  • Gula pasir 1 gelas kecil
  • Air ½ liter atau 500 mili liter
  • Sirup marjan pandan hijau, atau sirup abc jeruk orange 1 gelas kecil
  • Vanila powder ½ sendok teh
  • Daun pandan 3 lembar
  • Kayu manis 2 batang 

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling:
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan, lalu masukan semua bahan kedalam panci.
  2. Kemudian rebus dan aduk-aduk semua bahannya hingga mendidih, matang dan menjadi empuk.
  3. Setelah matang manisan kolang kaling pun siap dinikmati ,diberi es batu atau di simpan ke lemari es agar segar dan dingin.

Segar banget untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Selamat mencoba!

Click to comment