Resep Buka Puasa dengan Es Cincau Hijau yang Segar dan Praktis

Kulinerasik.com - Tidak terasa sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen yang ditunggu-tunggu selama Ramadhan adalah bisa berkumpul bersama keluarga untuk berbuka puasa. Hidangan yang disajikan pun biasanya yang manis dan segar, selain kolak pisang, es cincau termasuk hidangan yang selalu ada di bulan puasa. Cincau merupakan makanan yang sangat cocok dijadikan minuman, karena kenyal namun padat seperti agar-agar. Cincau sangat cocok dijadikan minuman penyegar sebagai campuran seperti di dalam es campur. Cincau sendiri memiliki dua jenis warna yaitu ada cincau hijau dan cincau hitam. Cincau hijau maupun cincau hitam ini terbuat dari perasan daun cincau yang direndam sehingga menghasikan karbohidrat yang mampu menyerap air sehingga membentuk molekul padat dan membentuk fisik yang kenyal seperti gel atau agar-agar.
Es Cincau Hijau yang Segar untuk Menu Buka Puasa
Daun cincau hijau mengandung zat anti protozoa, tetrandine, alkaloid sehingga mampu untuk mencegah terserang malaria. Dulu daun cincau hijau termasuk salah satu tanaman yang digunakan untuk obat diare, namun seiring berkembangnya jaman daunnya diolah menjadi sajian minuman nikmat dengan berbagai kreasi olahan masa kini. Manfaat lain dari daun cincau adalah sebagai antioksidan alami karena di dalamnya terdapat kandungan klorofil yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas. Selain itu juga berfungsi sebagai antibiotik untuk tubuh. Sehingga mengkonsumsi cincau hijau sangat disarankan. Kali ini kami sajikan resep es cincau hijau yang segar namun praktis untuk menu buka puasa. Simak yuk!

Bahan-bahan Es Cincau Hijau:
  • Daun cincau hijau 30 lembar, cuci bersih
  • Air matang dan bersih 500 ml
  • Buah kelengkeng 100 gram, kupas kulitnya, buang bijinya dan sisihkan
  • Santan kelapa 300 ml
  • Daun pandan 2 lembar, ikat jadi tali simpul
  • Gula merah 150 gram, sisir halus atau bisa diganti dengan sirup merah
  • Air bersih 100 ml
  • Es serut 500 gram
Cara Membuat Es Cincau Hijau:

  1. Masukkan daun cincau kedalam baskom / wadah besar, kemudian tambahkan air bersih secara perlahan sambil daun cincaunya diremas – remas sampai airnya berubah menjadi kental seperti berlendir.
  2. Setelah itu sediakan wadah bersih lagi lalu tuangkan air remasan tadi kedalam wadah tersebut dengan cara menaruh saringan diatas wadah tersebut (saring air perasan hingga tersaring lembut) dan buang bekas remasan daun cincaunya. Tutup wadah yang berisi air remasan cincau yang sudah disaring, diamkan selama kurang lebih 6 jam atau semalaman hingga Cincau benar-benar kenyal seperti agar-agar (tidak cair).
  3. Setelah itu setelah cincau hijau benar-benar jadi, agar santan tidak basi, selanjutnya tuangkan santan kelapa kedalam panci, kemudian rebus sampai mendidih.
  4. Kemudian masukkan daun pandan yang telah ditali simpul aduk kembali santan hingga rata dan masak terus hingga mengeluarkan aroma sedap dari pandan. Angkat dan sisihkan.
  5. Lalu didalam wadah lain rebus juga air bersih dan gula merah sambil diaduk hingga merata, gula merah larut dan menjadi kental. Angkat.
  6. Kemudian ambil gelas saji, lalu masukkan cincau hijau yang sudah jadi, kelengkeng yang sudah dibuang bijinya, tuangkan rebusan gula merah dan es yang telah diserut, kemudian terakhir siram dengan air rebusan santan kelapa diatasnya. Hidangkan selagi dingin.
Es Cincau Hijau segar siap dinikmati bersama keluarga tercinta sebagai teman berbuka puasa..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel