7 Wisata Pantai Pacitan yang Masih Alami Banget! Kamu Harus Kesini


Kulinerasik.com - Setelah kemaren kita membahas tentang makanan khas Pacitan yang enak dan unik, kali ini kita akan membahs tentang tempat wisata pantainya yang masih alami banget dan eksotis. Kota kelahiran Pak SBY ini memang dikenal sebagai Kota Seribu Goa, dikarenakan kekayaan alamnya yang luar biasa dan dijamin kamu bakalan balik kesini lagi!

Faktor utama yang menyebabkan banyaknya goa di Kabupaten Pacitan adalah letaknya di deretan pegunungan karst selatan Pulau Jawa. Letak geografisnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka gak heran Pacitan memiliki banyak pantai alami nan indah. Simak yuk ulasannya pantai di Pacitan yang masih alami banget apa saja?

1. Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai klayar di Pacitan memang masih alami banget, dan merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Keindahan pasirnya yang berwarna putih susu, Yang membuat mata takjub adalah keistimewaan pantai ini yang mempunyai karang berbentuk menyerupai Spink dan air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter. Wow…!

Kamu akan semakin jatuh cinta pada pantai ini ketika menyaksikan gradasi warna air laut dari biru hingga hijau toska yang dipadukan dengan putihnya pasir pantai. Kokohnya bebatuan karang yang menjorok ke pantai ini membuat pantai ini sering disamakan dengan keindahan Tanah Lot di Bali.

Lokasinya ada di Kecamatan Donorojo dan sekitar 35 km perjalanan ke arah barat kota Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 60 menit untuk tiba di pantai ini. Akses menuju lokasi pantai ini sangat sulit karena banyak tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim serta beberapa bagian jalan yang sudah rusak.

2. Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo
Nama pantai Banyu Tibo di ambil dari bahasa Jawa yang berate air yang jatuh karena tepat di tepi pantai ini terdapat air terjun lho. Air terjun yang ada di pantai Banyu Tibo Pacitan berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Sungai ini tidak pernah kering ketika musim kemarau dan airnya juga sangat jernih banget. Aliran air sungai tersebut yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil.Lokasi pantai Banyu Tibo berada di desa Widoro, kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

3. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria ini menjorok ke laut, sehingga bisa disebut juga sebagai teluk. Pantai dengan pesona alaminya nan elok ini ini termasuk pantai selatan dengan pasir putihnya yang membentang luas sepanjang 3 km. Pengunjung bisa menikmati keindahan pasir putih dan birunya laut dengan pemandangan Gunung Limo.

Ombak disini juga tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk mandi di laut, bermain ataupun berenang bersama keluarga. Di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan, sehingga Anda bisa membawa pulang ikan segar dari laut.

Pantai Teleng Ria lokasinya paling dekat dengan kota Pacitan karena hanya sekitar 3,5 km dari pusat kota dengan jarak tempuh sekitar 15 sampai 30 menit.


4. Pantai Watukarung
Pantai Watukarung
Akses menuju pantai ini kurang lebih 1,5 jam dari kota Pacitan karena jaraknya sekitar 25 sampai 30 km. Letaknya ada di Ddesa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Buat kamu yang mau kesini disarankan memakai kendaraan pribadi sebab kondisi jalan menuju pantai ini kecil, dengan banyak tanjakan dan turunan. Pantai Watukarung memiliki pasir putih yang masih alami, selain keindahan panoramanya, pantai ini juga memiliki ombak yang besar sehingga sering digunakan untuk arena melakukan surfing.

5. Pantai Kali Uluh
Pantai Kali Uluh
Pantai Kali Uluh termasuk salah satu pantai di Pacitan yang memiliki keindahan alami, membuat takjub jika pertama kali kesini. Ombaknya juga termasuk besar, tak heran pantai ini sering digunakan sebagai surfing. Pemandangan batu karang yang tersebar di sepanjang tepi pantai menambah keindahan dari pantai ini.  Akses jalan menuju ke pantai kali Uluh sangat baik, sebab lokasinya melalui jalur lingkar selatan.

6. Pantai Karang Bolong
Pantai karang Bolong
Pantai karang Bolong mempunyai panorama yang indah nan alami dengan kokohnya tebing-tebing berbalut tumbuhan hijau yang menjulang tinggi. Letak tebing-tebingnya berada di tepi barat dan menjorok ke laut. Letak pantai Karang Bolong berada di Kelurahan Sendang, Donorojo Pacitan. Namun, akses menuju pantai ini masih agak sulit, apalagi bila hujan baru turun. Disarankan hati-hati atau membawa sopir bila belum terbiasa dengan jalan yang terjal.

7. Pantai Srau
Pantai Srau
Pemandangan dengan pasir yang sangat putih dan batu-batu karang yang menjorok ke arah laut disuguhkan di wisata pantai Srau ini. Tak heran dulu pantai ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film layar lebar berjudul "Tania". Letak wisata pantai Srau berada di Desa Candi Kecamatan Pringkuku dan berjarak kurang lebih sekitar 25 km ke arah barat kota Pacitan. Pantai Srau merupakan termasuk salah satu pantai yang memiliki keindahan alami mirip dengan pantai Klayar. Lokasi menuju pantai ini cukup berkelok-kelok dengan ukuran jalannya yang kecil. Namun perjalanan yang sulit akan terbayar lunas dengan keindahan pantai Srau ini.

Nah, itulah ulasan tentang wisata pantai di Kabupaten pacitan yang masih alami banget, kamu harus mampir kesini, dijamin kamu gak akan menyesal nanti!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel