6 Kuliner Pacitan ini Bisa Bikin Kamu Balik Lagi Kesini


Kulinerasik.com - Kabupaten Pacitan memang terkenal dengan wisata alamnya yang masih natural banget! Mulai dari wisata pantai hingga goa-goanya, namun Pacitan juga memiliki banyak kuliner yang bikin kamu kerasan dan ingin tinggal lebiha lama jika berkunjung di kampung halaman mantan Presiden Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. Cita rasa khasnya yang membikin kuliner ala Pacitan selalu nikmat dilidah dan pengen balik lagi kesini.

1. Sego Gobyos
Sego Gobyos
Bagi pecinta pedas, kuliner yang satu ini recommended banget dicoba! Sego Gobyos ini memang membuat pecinta makanan pedas tak kuasa menahan hasrat untuk mencicipinya. Pasalnya begitu anda merasakannya, seluruh tubuh anda dijamin akan gobyos (basah dengan keringat), dikarenakan pedasnya kuliner satu ini.

Bahan utama dari sego gobyos ini sangat sederhana, yakni terdiri dari campuran nasi dan sayur daun keningkir, ditambah dengan lauk seperti tahu, tempe bacem, kerupuk, hingga opor ayam. Sego gobyos memang unik dari kuliner lainnya, karena kuah khusus gobyos ini diberi ramuan khusus berupa cabe yang cukup banyak agar sensasi pedasnya terasa

2. Soto Pacitan
Soto Pacitan
Soto Pacitan memang cukup unik karena bahannya simpel banget, karena tidak memakai santan, seperti kebanyakan soto lainnya. Yang menonjol adalah pemakaian telur rebus, seledri, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan campuran kecambah jawa yang membuat soto ala Pacitan ini sangat terasa dilidah.

Jika ingin menikmati soto Pacitan, kamu bisa  mencoba di warung Marem, terletak di Jalan Raya Kebonagung KM 6, Kebonagung Pacitan. Atau bisa juga mencoba warung  soto Bu Maryati dengan suasana pedesaan, tepat di sebalah Kantor Polisi Sektor Kebonagung.

Racikan soto Pacitan memang jauh lebih gampang dibanding soto kebanyakan, cukup campuran kuah bening, kecambah,  suwir ayam kampung, ditambah  taburan bawang goreng, irisan seledri,  dan kacang tanah  goreng utuh.

3. Sale Pacitan
Sale Pacitan
Sale adalah camilan kue yang berbahan baku dari pisang kering, lalu di gulung-gulung menyerupai kelereng. Sale Pisang termasuk makanan khas Pacitan, bahan utamanya terbuat dari pisang manis yang dikeringkan secara alami. Cara memasaknya tanpa bahan pengawet, namun bisa bertahan dalam waktu beberapa bulan. Makanan ini bisa kamu beli dipusat oleh-oleh khas Pacitan sobat.

4. Kupat Tahu
Kupat Tahu
Kupat tahu Pacitan terbuat dari tahu goreng, kupat (ketupat), tauge, kol, kemudian diguyur air bawang putih dan kuah kecap, di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng. Yang menjadikan kupat tahu Pacitan memiliki cita rasa istimewa adalah kuah kecap yang kental, bikin tahu kupat Pacitan memiliki rasa manis yang menonjol, lalu air bawang putih menambahkan sedikit rasa gurih. Lebih nikmat dengan lauk kerupuk kuning atau rambak.

5. Nasi Thiwul
Nasi Thiwul
Nasi Thiwul termasuk kuliner khas Pacitan yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik bagi tubuh. Pasalnya bahan baku nasi thiwul adalah ketela yang memiliki sumber kalori yang baik. Ketela mempunyai kandungan lemak, kalsium, zat besi, vitamin A dan C. Bila tepung cassava dicampur dengan 18 persen tepung kedelai maka tepung komposit tersebut menjadi bahan pangan pokok bergizi tinggi dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan padi. Campuran telur membuat nasi thiwul memiliki kandungan protein sebesar 29 persen.

6. Cenil
Cenil
Jajanan pasar ini memilik bentuk yang unik, warna-warni, kenyal, dan manis, atau kadang juga gurih. Cenil termasuk makanan khas Pacitan yang populer ditengah masyarakat Pacitan. Cenil sendiri adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon yang dibentuk bulat-bulat kecil seukuran kelereng, lalu diberi warna merah dan direbus. Yang unik dari kue cenil ini, selain karena namanya yang terlihat lucu, bentuknya juga imut dan rasanya yang kenyal, manis dan kadang lengket-lengket basah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel