Misteri Goa Kiskendo, Keindahan Berbalut dengan Legenda


Kulinerasik.com - Lokasi Goa Kiskendo terletak di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, atau tepatnya 35 km barat laut dari arah Yogyakarta. Akses menuju ketempat ini beraspal dan sempit, hanya muat untuk mobil kecil saja, bagi anda yang menggunakan bis besar anda akan berhenti di Desa Niten dekat dengan Kantor Kecamatan Girimulyo, dan masih ditempuh 8 km untuk menuju ke Goa Kiskendo. Goa ini berada diketinggian 1200m diatas permukaan laut, menjadikan tempat ini selalu berhawa sejuk. Mitos yang berkembang di masyarakat masih begitu besar tentang goa ini, menjadikan gua kiskendo diyakini warga setempat sebagai tempat keramat.
Misteri Goa Kiskendo, Keindahan Berbalut dengan Legenda
Di dalam goa kiskendo terdapat keindahan batuan stalaktit dan stalagmite. Menurut legenda gua ini merupakan kerajaan yang dipimpin oleh rajanya yang bernama Mahesosuro dan Lembusuro yang menurut legenda manusia berkepala kerbau dan sapi. Goa kiskendo merupakan komplek objek wisata, didalam komplek ini terdapat 15 ruangan dengan berbagai mitos yang berkembang didalamanya, mulai dari Lidah Mahesosuro yaitu batu yang mempunyai lidah, konon katanya merupakan lidah Mahesosuro yang dipotong Subali agar tidak hidup lagi. Pertapaan Ledek, yakni tempat pertapaan agar diberi kesuksesan. Pertapaan Santri Tani yaitu tempat pertapaan yang digunakan agar hasil tani melimpah. Pertapaan Subali yaitu tempat dimana Subali bertapa sebelum melawan Mahesosuro dan Lembusuro. Sumelong yaitu lubang yang dapat menembus keatas yang digunakan subali untuk melarikan diri. Lumbuk kampek atau tempat penyimpanan barang-barang berharga kerajaan. Anda bisa melihat alur cerita tentang goa kiskendo yang dikaitkan dengan kisah perwayangan Ramayana yang diukir dalam relif didepan mulut goa tersebut.
Goa Kiskendo
Memasuki dekat Goa Kiskendo juga terdapat Goa Sumitro yang berjarak 20 meter, yang mempunyai dua mulut gua vertikal dan horizontal. Mempunyai aliran sungai bawah tanah didalam gua, keindahan dan kesejukan disekitar gua ini, dan tersedianya tanah yang kosong yang cukup luas, cocok bagi anda yang ingin berkemah ditempat ini. Banyak obyek wisata lainnya yang berdekat dengan Goa Kiskendo, antara lain Grojogan Sewu yang mempunyai ketinggian 20 meter, Watu Blencong 250 meter diatas Goa Kiskendo, Gunung Krengseng, Watu Gajah dan Gunung Kelir berjarak 4,5 km dari Goa Kiskendo. Kamu bisa menikmati semuanya dalam satu perjalanan, selain gua kiskendo anda juga bisa berwisata ke gua-gua lainnya yang ada di Jogja seperti Goa jomblang dan Goa Cermai.

Click to comment