7 Sambal yang Terbuat dari Buah-buahan Segar Khas Nusantara, Yakin Gak Mau Nyobain?

Kulinerasik.com - Bagi sebagian orang Indonesia, selain nasi ada satu lagi makanan pendamping yang harus ada dimeja makan sebagai pelengkap hidangan. yaitu Sambal! Sambal sendiri merupakan saus tradisional khas Indonesia. Seluruh daerah di Indonesia memiliki khas sambal dengan cita rasa tersendiri.

Sambal juga bisa dibuat dari bahan buah-buahan lho! Berikut ini kami rangkum jenis sambal yang terbuat dari buah-buahan dan rasanya maknyus banget. Simak yuk ulasannya!

1. Sambal Mangga
Sambal Mangga
Jenis sambal ini memang sangat terkenal, sambal mangga rasanya sangat segar pedas dan sedikit asam. Dipadu dengan campuran bahan lain seperti cabai keriting, cabai merah, terasi, garam, dan gula merah membuat cita rasanya sangat enak dilidah.
Buah mangga sendiri termasuk buah yang punya cita rasa manis dengan tekstur lembut. Karena buahnya yang lembut membuat buah mangga muda bisa jadi bahan sambal yang enak banget lho!. Rasanya yang masih asam dan teksturnya yang renyah membuat sambal dari mangga muda ini jadi bisa menyatu di mulut, semakin membuat makanan jadi tambah nikmat.

2. Sambal Durian
Sambal Durian
Kalau buah yang satu ini gak usah ditanya lagi khasiatnya, selain aromanya yang khas bila dimakan, durian juga bisa dibuat jadi sambal yang enak pula. Sambal durian dibuat dari campuran tempoyak dan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam. Tempoyak adalah jenis makanan dari bahan dasar buah durian fermentasi yang bisa dijadikan menjadi makanan lezat, termasuk sambal.
3. Sambal Nanas
Sambal Nanas
Sambal nanas biasanya terbuat dari campuran potongan nanas yang hampir matang, dicampur dengan cabai merah, terasi bakar, gula merah, dan garam. Rasanya dijamin enak sekali. Ternyata buah nanas ternyata juga bisa dibuat jadi sambal yang lezat ya!

4. Sambal Stroberi
Sambal Stroberi
Selain enak dimakan langsung, buah stroberi juga bisa diolah menjadi sambal yang lezat lho! Stroberi yang punya rasa manis dan asam, bisa menjadikan sensasi cita rasa yang mak nyus jika dijadikan sambal. Biasanya sambal stroberi dijadikan pendamping untuk menu ayam goreng, ayam bakar, tempe goreng, maupun tahu goreng.

5. Sambal Belimbing Wuluh
Sambal Belimbing Wuluh
Sambal dari belimbing wuluh juga mempunyai rasa asam,pedas, sedikit manis dan segar. Sambal belimbing wuluh dibuat dari campuran cabai keriting, cabai rawit merah, cabai hijau, potongan belimbing wuluh, terasi, gula merah, dan garam.

6. Sambal Salak
Sambal Salak
Sambal salak terbuat dari campuran salak yang sudah dipotong-potong tipis, dicampur dengan cabai rawit merah, bawang putih, dan ebi. Cita rasa pedas, sedikit manis dari buah salak, dan rasanya yang gurih menjadikan sambal ini semakin lezat.

7. Sambal Jambu Mete
Sambal Jambu Mete
Biasanya jambu mete hanya diambil kacangnya, kemudian jambunya dimanfaatkan untuk dibuat sambal yang nikmat lho! Sambal jambu mete terbuat dari campuran jambu mete, cabai merah, terasi, kacang mete goreng, gula, dan garam. Sebagai pelengkap sambal jambu mete ini enak disajikan dengan lalapan mentah dan nasi putih hangat.

Ternyata buah-buahan yang segar juga bisa diolah menjadi sambal yang enak lho! Jangan lupa untuk nyobain ya!

Click to comment