Sensasi Sambal Durian Tempoyak yang Nikmat, Yakin Gak Mau Coba?


Kulinerasik.com - Banyak yang masih aneh mendengar nama Tempoyak, tetapi sambal yang satu ini sangat terkenal di Kota Bengkulu. Sambal yang bahan utamanya dari durian ini menjadi makanan khas masyarakat Bengkulu yang sangat populer, terutama dipulau Sumatera. Dengan campuran sambal yang pedas dan beberapa rempah-rempah,menghasilkan rasa yang sangat nikmat. Dan rasa yang dihasilkan dari Tempoyak tidak kalah dengan sambal yang ada di pasaran seperti sambal pete, sambal jengkol, sambal terasi dan lain sebagainya.
Sensasi Sambal DurianTempoyak yang Nikmat, Yakin Gak Mau Coba?
Sambal ini juga bisa dikatakan sebagai sambal musiman. Karena bahan utamanya yang terbuat dari buah durian, memang hanya bisa kita jumpai dikala musim durian saja. Terkadang ketika musim durian di pasaran meningkat maka sambal ini banyak dibuat oleh masyrakat sekitar bahkan dijual di warung makan. Tapi, jika belum musim durian tiba, mungkin hanya bisa didapatkan di warung makan tertentu saja.


Tekstur sambalnya memang terlihat agak sedikit berbeda, tapi sambal ini benar-benar memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan lezat. Kebiasaan dari masyarakat Bengkulu biasanya menyajikan sambal tempoyak dengan dicampur ikan mujahir, ikan gurame, ikan teri dan jenis ikan laut lainnya.Membuat cita rasanya semakin menggoda lidah kamu.

Jangan sampai kelewatan untuk mencicipi sambal durian tempoyak ini kalau singgah di kota Bengkulu. Karena sambal tempoyak memiliki rasa yang sangat berbeda dan sangat nikmat dibanding dengan sambal yang lain. Untuk mencicipi sambal durian tempoyak ini kamu bisa berkunjung di Rumah makan Inga Raya di Jalan Pantai Pariwisata, rumah makan ini buka pukul 09:00-21:00 wib. Lokasinya rumah makan Inga Raya berada di tepi pantai, sehingga pengunjung mendapat bonus pemandangan laut lepas yang menawan.

Selain bisa diolah menjadi sambal yang enak, buah durian juga bisa diolah menjadi aneka kuliner yang lezat lho! Dari mulai olahan ketan durian, serabi durian, keripik biji durian, sop durian dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

Click to comment