5 Makanan dengan Kenikmatan Khas Nusantara yang Dibungkus Daun Pisang


Kulinerasik.com - Makanan dengan bungkusan dau pisang memang mempunyai aroma yang khas dan nikmat. Pasalnya, aroma yang dihasilkan melalui daun pisang yang dibakar maupun di kukus memberikan cita rasa istimewa. Berikut ini kami rangkum 5 makanan khas Nusantara yang nikmat dengan balutan daun pisang. Simak yuk!

1. Nasi Bakar
Nasi Bakar
Menu nasi bakar ini kian banyak digemari, karena perpaduan antara nasi dengan sayuran dan daging yang  sudah diolah, kemudian dibungkus dengan daun pisang menambahi aroma harumnya masakan ini. Cara membuatnya sangat mudah, hanya perlu menyiapkan nasi dan daging sapi yang sudah dibumbui pedas. Kemudian bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai aroma daun pisang mulai tercium harum. Rasanya dijamin sangat lezat!

2. Pepes
Pepes
Sajian yang satu ini merupakan menu khas Nusantara yang cukup favorit di masyarakat Indonesia. Pepes sendiri adalah istilah untuk cara memasak makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang, tentunya setelah makanan itu dicampur bumbu-bumbu khusus. Aroma bumbu pepes dan daun pisang menjadikan makanan ini selalu digemari banyak orang.

3. Bothok
Bothok
Hampir sama dengan pepes cara mengolahnya, Bothok adalah makanan khas Jawa yang dulunya dibuat dari ampas kelapa yang sudah diambil sarinya. Kemudian dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi ini tidak dibuang. Ampas kelapa ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam, dibungkus dalam daun pisang, kemudian dikukus dalam uap panas.

4. Garang Asem
Garang Asem
Garang asem adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah, makanan ini sendiri adalah olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang, bumbunya kebanyakan mempunyai rasa asam dan pedas. Garang asem lebih nikmat jika disajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah dengan tempe goreng, dan perkedel. Semakin membuat rasanya menjadi lezat!

5. Nasi Kucing
Nasi Kucing
Nasi kucing merupakan makanan khas Jogja, nasi berukuran mini ini dibungkus dengan daun pisang ini. Dengan bentuknya yang kecil, biasanya nasi ini dijual dengan harga sekitar Rp. 1.000 -2.500 rupiah saja. Dalam satu porsi nasi kucing biasanya terdapat sambal dan ikan kecil seperti teri maupun daging kecil. Nasi kucing cocok untuk berkuliner asik di malam hari.

Diantara 5 makanan yang berbungkus dengan daun pisang ini, kamu sudah pernah nyobain yang mana sobat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel