Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Segala Keunikannya


Kulinerasik.com - Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta tepatnya 25 km dari Kota Yogyakarta. Dengan fasilitas infrastruktur yang memadai yakni jalanan yang mulus tempat ini sangat mudah untuk dicapai. Gunung purba Nglanggeran pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran mempunyai 2 puncak yakni puncak barat dan puncak timur serta kaldera ditengahnya.
Salah Satu Spot Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Nglanggeran ini merupakan deretan gunung batu yang besar dengan bentuk dan nama yang unik, seperti Gunung 5 jari, gunung kelir dan gunung wayang. Disebut gunung wayang karena susunan bebatuan yang mirip tokoh pewayangan dan menurut kepercayaan masyarakat sekitar, gunung ini djaga oleh Kiai Ongko Wijoyo dan Punokawan yakni Kiai Semar, Kiai Gareng, Kiai Petruk dan Kiai Bagong. Demikian pula denga sebutan gunung kelir karena menyerupai kelir dan dipercaya sebagai tempat tinggal Kiai Ongko Wijoyo dan Punokawan. Selain itu masih ada sumber air yang ada di puncak gunung Nglanggeran dan tidak pernah mengalami kekeringan yakni sumber air comberan. Air dari sumber ini diyakini masyarakat sekitar dapat membuat awet muda jika digunakan untuk mencuci muka. Kemudian ada juga tempat untuk melakukan ritual prihatin, yang dulu pernah untuk bersembunyi tentara Jepang, tempat ini yang paling dinikmati para pengunjung karena tempat ini terasa paling sejuk.
Gunung Api Purba Nglanggeran
Akses mendaki ke puncak gunung purba yang berada pada ketinggian 700 m diatas permukaan laut tidak terlalu sulit hanya memakan waktu kurang lebih 1 sampai 1,5 jam saja. Sekitar 15 menit anda akan sampai pada pos pendakian yang pertama, sudut kemiringan ditempat ini sekitar 60 derajat. Dari tempat ini kita sudah mendapatkan pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Lokasi ini sangat cocok untuk berkemah, bisa untuk 10 tenda kecil berisi 4-5 orang, namun menyebar karena kontur tanah yang tidak rata. Bisa juga untuk kegiatan jelajah wisata, Tracking ataupun panjat tebing. Namun yang jelas para pengunjung akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dari gunung purba Nglanggeran ini.

Di tempat ini juga ada Program Live ini, yakni tinggal ditempat ini untuk menginap beberapa saat di desa ini. Dan saat ini telah terbangun fasilitas Hotspot Area, tentunya bagi yang menginap beberapa hari akan terasa lebih mengasyikkan. Harga tiket untuk masuk ke lokasi ini Rp. 15.000.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel