Telaga Warna Dieng, Fenomena Alam yang Menakjubkan!


Kulinerasik.com - Keberadaan telaga warna menjadikan salah satu tujuan wisata bagi para pengunjung di daerah Wonosobo. Lokasi wisata telaga warna yang berada di dataran tinggi Dieng merupakan salah satu andalan Kabupaten Wonosobo, dari kota Wonosobo kearah utara berjarak sekitar 26 km. Telaga warna tersebut merupakan telaga atau danau vulkanik yang berisi air bercampur belerang dan terkena pancaran sinar matahari yang kemudian memantulkan sinar yang berwarna-warni tergantung kandungan warna mineralnya. Terkadang terlihat kuning, hijau ataupun kuning serta biru.
Telaga Warna Dieng, Fenomena Alam yang Menakjubkan!
Namun terdapat juga mitos yang menyebabkan warna telaga tersebut bisa menjadi seperti demikian. Mitos tersebut menceritakan dimana dahulu kala ada seorang bangsawan yang memiliki sebuah cincin yang mempunyai kekuatan yang luar biasa, pada saat bangsawan tersebut berada di kolam dan cincin tersebut akhirnya terjatuh kedalam telaga tersebut. Karena kekuatannya maka mengakibatkan warna-warni pada telaga tersebut.

Telaga ini banyak sebagai tujuan wisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri, karena daerah khususnya Wonosobo sejak zaman Belanda mendapat julukan Paris Van Jawa (Parisnya Jawa) dengan ketinggian tempatnya sekitar 2100 meter diatas permukaan laut yang menjadikan udara disini sangat sejuk dengan suhu mencapai 10 derajat celcius bahkan bisa menjadi hingga 5 derajat celcius.

Wisata telaga warna mempunyai pemandangan indah serta unik dan menyimpan panorama alam yang sungguh mengagumkan disekitar telaga. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang senang dengan wisata alam. Sisi keindahan telaga pun dapat dilihat dari beberapa sudut diantaranya dari sisi sebelah barat mushola ataupun diatas tangga menuju tangga Dieng Teater. Dengan beberapa dahan yang menghiasi pemandangan ke arah telaga maka akan menambah keelokkan telaga ditambah oleh cuaca yang mendukung maka warna yang ditampilkan akan membentuk variasi seperti pelangi.

Beberapa fasilitas yang tersedia dilokasi obyek wisata ini adalah satu buah mushola dan juga beberapa pusat oleh-oleh khas Dieng berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan aneka bunga. Selain itu, para pengunjung juga dapat menginap di disekitar obyek wisata ini dan dapat menikmati aneka kuliner asik yang disajikan di warung-warung di areal telaga warna ini. Diantaranya jika anda akan menikmati malam di kawasan wisata ini, anda dapat menikmati jagung bakar yang tentunya asik untuk dinikmati dengan suasana alam yang dingin namun menyegarkan.

Click to comment