Melihat Keunikan Candi Sambisari, Candi yang Terlihat Muncul dari Dalam Tanah


Kulinerasik.com - Candi Sambisari berada di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman Yogyakarta, 12 km ke Utara dari arah Yogyakarta dan 5 km dari arah Candi Prambanan. Candi Sambisari merupakan candi dari kerajaan Hindu yang pernah jaya di tanah Jawa. Candi ini di temukan dengan tidak sengaja oleh petani desa Sambisari yang sedang mengolah tanah pada tahun 1966, sedangkan pembangunan candi ini dilakukan pada abad X oleh Wangsa Syailendra. Pada saat penggalian candi ini juga ditemukan berbagai benda-benda sejarah lainnya, seperti tembikar, emas, dan prasasti yang terbuat dari lempengan emas.
Melihat Keunikan Candi Sambisari, Candi yang Terlihat Muncul dari Dalam Tanah
Keunikan Candi yang bertinggi 7,5 meter ini adalah letaknya yang berada didalam tanah sedalam 6,5 meter, sehingga terlihat seperti muncul dari bawah tanah. Bagi pengunjung yang ingin masuk kedalam candi ini terdapat pintu masuk disisi barat candi utama. Saat masuk candi, Anda akan dipuaskan dengan ornamen berupa sayap yang terdapat pada tangga, dan diujung sayap terdapat dua patung yang menyerupai mahkluk kerdil. Terdapat juga hiasan mirip singa dengan ekor yang panjang. Keunikan lainnya, candi ini tidak mempunyai penyangga sehingga ruangan bawah langsung berfungsi sebagai penyangga, sehingga alasnya sejajar dengan tanah.

Anda akan menjumpai relung-relung yang digunakan untuk menempatkan patung. Anda juga dapat melihat patung Dewi Durga (istri dari Dewa Siwa) yang memiliki 8 tangan, lengkap dengan senjatanya yang digenggam ditangan, di sisi timur anda akan menjumpai patung Dewa Ganesha yakni anak dari Dewi Durga, dan di sisi Selatan terdapat patung Agastya. Direlung kanan dan kiri anda akan menjumpai  Dewa penjangga pintu, Mahakala dan Nadisyawara. Selain itu Anda juga bisa melihat patung Yoni dan Lingga yang berukuran besar yang berada di sebuah bilik didalam candi.

Selain candi utama anda akan mendapati 3 candi pendamping di komplek candi Sambisari ini, yang mempunyai 5,8 meter persegi dan tinggi 5 meter. Sedangkan dibagian luar candi terdapat tembok yang mengelilingi dengan ukuran 50 m x 48 m. Selesai melihat candi anda bisa menuju ruang informasi, disana terdapat foto-foto yang menceritakan sejak candi tersebut ditemukan, proses penggalian, proses rekronstruksi dan foto-foto peninggalan dari candi tersebut seperti Arca dan Prunggu yang sekarang di simpan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain Candi Sambisari anda juga bisa berkunjung ke Candi Ijo yang letaknya saling berdekatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel