Kuliner Ekstrim Tongseng Codhot dan Bajing, Berkhasiat bagi Kesehatan


Kulinerasik.com - Kuliner tongseng merupakan masakan yang umum yang dapat kita jumpai dikota manapun. Tongseng merupakan satu masakan yang biasanya terkait dengan penjual sate, gulai dengan bahan daging yang beraneka macam namun yang sering dapat kita jumpai adalah daging kambing.
Kuliner Ekstrim Tongseng Codhot dan Bajing, Berkhasiat bagi Kesehatan
Di Jalan Bantul KM. 5,5 Yogyakarta ada sebuah warung yang membuat masakan tongseng yang sedikit ekstrim. Kenapa demikian, karena daging yang dijadikan bahan masakan adalah daging yang jarang atau mungkin tidak pernah kita konsumsi. Daging sebagai bahan utamanya merupakan daging Codhot atau sejenis kelelawar yang sering memakan buah buahan dan juga daging bajing atau tupai.

Semula berawal dari kegemaran Romiyati sang pemilik warung yang sering berburu codhot dan bajing yang sering menggangu hasil panen kebun masyarakat sekitar tempat tinggalnya yang berupa kelapa, aren dan juga buah buahan. Dari hal inilah Romiyati mendapatkan inspirasi untuk memanfaatkan hasil buruannya menjadi satu hal yang dapat menambah penghasilannya. Akhirnya Romiyati membuka usaha warung makan dengan menu masakan andalannya yakni tongseng codhot dan bajing.

Ternyata keberadaan warung ini diminati oleh masyarakat, sehingga warung ini selalu diminati apalagi tongseng Codhot dan Bajing tersebut mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh. Tongseng Codhot selain rasanya yang khas dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma dan tongseng bajing atau tupai ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Cara masaknya pun tidak terlalu rumit dan tidak berbeda dengan tongseng kebanyakan.baik Codhot maupun bajing setelah dikuliti kemudian dibersihkan dan selanjutnya direbus hingga dagingnya terasa empuk. Kemudian daging tersebut dipotong potong dan di pisahkan dari tulangnya kemudian dimasak dengan menggunakan air sedikit dengan tambahan bumbu  ketumbar, bawang merah, bawang putih dan merica yang sudah dihaluskan. Sebagai pelengkap rasa tentu saja perlu ditambahkan garam, penyedap rasa serta kecap, ditunggu hingga semua bumbu tersebut meresap dan menu tongseng codhot atau bajing pun siap dihidangkan.

Terdapat juga satu menu lagi yang dapat anda jumpai di warung tersebut yakni tongseng burung emprit yang juga banyak kita jumpai di sawah sawah. Tongseng emprit ini diyakini juga berkhasiat menambah stamina dan juga untuk menyembuhkan asam urat. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000- Rp. 35.000 per porsi.

Click to comment