Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahu Pojok Magelang, Kuliner Kupat Tahu dengan Sejuta Rasa

Kulinerasik.com - Makanan yang mejadi salah satu ciri khas kota Magelang, yang dikenal dengan Tahu Pojok. Ikhwal penamaan tahu pojok karena warung ini dulu menjajakan dagangannya di pojok alun alun Magelang sejak tahun 1952. Tahu pojok merupakan sebutan warung tersebut yang menjual kupat tahu. Keberadaan warung tersebut kini telah berpindah dari pojok Alun alun Magelang.
Kuliner Kupat Tahu
Kuliner Kupat Tahu dengan Sejuta Rasa

Sekarang warung pojok ini terletak di Jalan Tentara Pelajar Kios No. 14 Magelang yang merupakan jalan satu arah dari arah Akademi militer (Akmil) yang menuju ke alun alun kota Magelang. Warung dengan balutan cat warna kuning yang sebelumnya hijau dan entah sudah berapa kali berganti warna, namun tepatnya berada didepan Bank Mandiri Syariah. Pemilik warung inipun namanya cukup singkat yakni Bu Setu.

Sebenarnya banyak penjual makanan kupat tahu yang lain, namun warung milik Bu setu inilah yang selalu ramai dikunjungi. Mungkin yang menjadi alasan adalah selain menu kupat tahunya, adalah racikan bumbunya yang pas sehingga terasa enak dan juga sembari mengenang masa lalu saat di kota Magelang, dimana keberadaan warung ini telah ada sejak tahun 1952 walaupun ditempat yang berbeda.

Kupat tahu sekilas memang makanan yang isinya hanya kupat dan tahu. Tahunya digoreng dengan menggunakan api yang berbahan bakar arang, yang kemudian dipotong-potong ditambah sayuran berupa kol dan tauge serta diberi bawang goreng yang kemudian disiram dengan bumbu kacang plus cabai, gula merah dan disajikan dengan ketupat. 

Baca juga: Resep Bola-bola Rambutan Supermie

Tingkat kepedasan pun menurut selera pembeli, tergantung dengan cabai berapa yang diminta. Dengan beberapa lauk yang lain yang disajikan dimeja maka kupat tahu akan terasa nikmat, disantap dengan menu lain antaranya ada sate udang goreng. Harga untuksatu porsi kupat tahunya sendiri sangatlah murah tidak sampai merogoh kantong, mulai dari Rp. 10.000 saja.