Sop Buntut, Hidangan yang Pas di Kala Musim Hujan


Kulinerasik.com - Musim hujan sudah tiba, cuaca dingin selalu menyertai setiap aktifitas kita. Buat kamu jangan takut kamu santap saat musim hujan tiba. Yuph, kuliner sop buntut memang sangat pas disantap saat musim hujan telah tiba. Cita rasa kuahnya yang nikmat dan dagingnya yang lembut apalagi disajikan saat hangat atau panas, dijamin membuat lidah ketagihan.Banyak kedai makan maupun restoran yang menawarkan sajian spesial Sop Buntut bisa kamu coba.
Sop Buntut, Hidangan yang Pas di Kala Musim Hujan
Sop Buntut juga populer hampir di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia menempati salah satu masakan populer yang banyak dicari orang. Hidangan ini terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui lalu dibakar atau digoreng, dan kemudian dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening, bersama irisan kentang, wortel, tomat, seledri, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Sop Buntut versi Indonesia biasanya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkeh. Sekarang banyak menu varian baru, antara lain Sop Buntut Goreng, yakni buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.

Sementara di Cina sop buntut lebih mirip semur, ekor sapi yang digoreng atau dipanggang kemudian dicampur dengan berbagai variasi. Sedangkan sop buntut di Amerika Serikat Selatan sudah ada sejak periode sebelum perang revolusi. Dan sop kuah tebal dan gurih di Britania Raya sudah populer sejak abad ke-18.


Sop Buntut sendiri memiliki manfaat untuk kesehatan, Kuliner sop buntut kuah ataupun sop buntut bakar dan goreng juga memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Kandungan gizi yang terletak di ekor sapi yang digunakan, seperti protein, kalori, lemak dan zat gizi yang lain sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Ditambah lagi dengan penggunaan bermacam-macam bahan rempah alami yan terdapat dalam bumbu sop buntut yang digunakan juga bisa mengembalikan kesegaran tubuh yang lelah.

Sop Buntut cocok sekali untuk disantap saat udara dingin, kuahnya yang banyak mengandung kaldu dan rempah rempah akan membantu kita mengusir hawa dingin yang menyerang. Apalagi saat kita terkena flu pun hidangan sop buntut spesial bisa dicoba untuk membantu memulihkan kondisi tubuh yang lemah.

Click to comment