Bingung Mau Sarapan, Coba deh 8 Kuliner Lezat Ini

Kulinerasik.com - Sarapan pagi memang sangat penting untuk kesehatan, dan untuk kita memulai aktifitas, termasuk di Indonesia. Bahkan dianjurkan untuk jangan sampai kita telat untuk sarapan, bagi orang yang mempunyai penyakit maag wajib hukumnya untuk sarapan on time.
Bingung Mau Sarapan, Coba deh 8 Kuliner Lezat Ini
Di Indonesia menu sarapan kebanyakan masih didominasi oleh karbohidrat, menurut survei 88 persen masyarakat Indonesia melakukan sarapan di rumah. 4 persen orang yang tidak melakukan sarapan, sementara 5 persennya menyantap sarapan di tempat kerja dan 3 persennya di jalan menuju tempat kerja.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas sendiri untuk menu sarapan, dan banyak macamnya. Berikut kami rangkum 8 kuliner lezat yang harus kamu coba untukmenu sarapan.

1. Nasi Pecel

Hidangan ini sangat populer di Jawa untuk menu sarapan, Nasi Pecel menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Disajikan dengan sambal tumpang yang berisi sayuran dilengkapi dengan peyek teri atau kacang semakin menambah kelezatan rasanyan.Kamu wajib coba deh!

2. Bubur Ayam

Kuliner ini adalah kuliner favorit disaat sarapan, hampir diseluruh Indonesia menu yang satu ini selalu menemani waktu sarapan. Jenisnya pun beraneka macam, termasuk Bubur Manado. Disini sudah menjadi kebiasaan warganya untuk menjadikan bubur sebagai menu sarapan utama. Salah satu yang populer adalah Tinutuan, yakni bubur khas Manado yang menjadi pilihan utama yang ditambah beberapa lauk pendamping. Rasanya sangat lezat dan enak.

3. Nasi Gudeg

Nasi Gudeg adalah salah satu kuliner favorit di Jogja untuk menu sarapan. Sajian nasi gudeg berisi nasi, gudeg lengkap dengan kuah areh kental, sambal krecek, dan lauk. Lauknya pun bervariasi, ada telur rebus yang sudah dibumbui, tahu, tempe, suwiran daging ayam, ampela ati, potongan bagian tubuh ayam seperti kepala, dada, paha atas, danlain-lain.

4. Nasi Uduk

Nasi uduk termasuk menu sarapan yang paling banyak dijajakan di Jakarta dan sekitarnya, Pasalanya, nasi uduk adalah kuliner hasil inkulturasi dari bangsa Melayu yang datang ke Jakarta. Menurut cerita mereka kemudian bertemu orang Jawa yang saat itu menyerang VOC di Batavia. Menu sarapan ini biasanya disajikan dengan lauk jengkol dengan tambahan semur tahu atau tempe hingga tempe goreng.

5. Nasi Krawu

Kalau kamu berkunjung ke Gresik, jangan sampai melewatkan menu sarapan ini. Nasi Krawu termasuk sarapan pagi khas kota Gresik berupa nasi putih yang disajikan dengan daun pisang serta ditambahan lauk irisan daging sapi, serundeng, dan jeroan. Kata Krawu yaitu parutan kelapa berbumbu cabai merah.

6. Nasi Goreng

Nasi goreng juga banyak disajikan pada waktu sarapan, hidangan yang terbuat dari nasi yang digoreng dengan cabai, bumbu-bumbu, sayuran, kecap manis, ayam atau udang, kemudian dilengkapi telur goreng.

7. Lontong Sayur

Kuliner ini juga bisa dijadikan alternatif untuk menu sarapan, salah satunya adalah lontong sayur khas Padang. Disajikan dengan kuah seperti gulai yang berisi nangka muda, buncis, dan santan. Rasanya dijamin lezat untuk menambah semangat dalam aktifitas kamu.

8. Nasi Kuning

Nasi kuning termassuk menu sarapan andalan didaerah Jawa dan sekitarnya. Nasi yang berwarna kuning ini dimasak dari beras yang dicampur dengan kunyit, santan dan rempah-rempah lainnya, sehingga terasa lebih gurih dan enak.

Awali harimu dengan sarapan yang sehat, untuk menambah semangat dalam beraktifitas.

Click to comment