Thai Tea, Minuman Segar dari Thailand yang Populer

Kulinerasik.com - Thai Tea minuman asal Thailand ini memang sangat populer saat ini di Indonesia, banyak kedai atau café menyajikan minuman segar yang rasanya manis dengan semburat aroma yang khas membuat banyak orang menyukainya.
Thai Tea, Minuman Segar dari Thailang yang Populer
Minuman Thai Tea juga dikenal dengan sebutan cha yen ini sebenarnya adalah, dari seduhan kuah teh Ceylon. Teh Ceylon sendiri merupakan produk teh asal Sri Lanka yang dikenal karena aromanya yang unik dan wangi. Tetapi, karena harga tehnya yang masih mahal, kemudian diganti teh Assam yang ditanam di Thailand. Teh yang berwarna hitam ini dikenal dengan sebutan Bai Miang.

Minuman Thai tea sendiri yang menggunakan campuran Bai Miang memiliki warna yang kemerahan dan agak berwarna oranye. Ketika diseduh dengan air Bai Miang akan mengeluarkan warna cokelat kemerahan dan inilah kemudian yang menjadi ciri khasnya.

Untuk menghasilkan rasa Thai Tea yang manis, kebanyakan orang meraciknya dengan tambahan gula ataupun susu kental manis. Kemudian Bai Miang yang sudah diseduh dengan air hangat kemudian diberi susu evaporated dan susu kental manis sehingga menjadikan teksturnya yang lebih creamy. 

Bukan hanya susu saja, sebagian penjual juga menambahkan santan dan juga rempah-rempah. Biasanya rempah yang digunakan seperti air orange blossom, bunga lawang, biji asam, cengkih hingga kapulaga. 

Ada bermacam varian dari minuman teh ini, mulai dari Thai tea dengan paduan warna cokelat oranye dan ada pula Thai tea yang berwarna hijau dipadu dengan sensasi aroma melatinya yang sangat kuat. Untuk masalah harga cukup bervariasi pula, mulai dari harga antara Rp 20.000 sampai Rp 25.000 untuk segelas Thai Tea.

Sekarang minuman Thai tea banyak kita temui di kedai, kafe maupun restoran. Biasanya kalau dikedai disajikan dalam gelas plastik dan kantung plastik. Sedangkan kalau di restoran Thai Tea disajikan dengan gelas kaca yang unik. 

Nah sobat, sekarang kamu bisa mencoba minuman ini jika sedang menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun pasangan.

Click to comment