Sedap Banget! 5 Kuliner Sate Khas Jawa Timur yang Harus Kamu Coba


Kulinerasik.com - Buat para traveller, jika berkunjung di Jawa Timur jangan lupa untuk mencoba kuliner khasnya yang terkenal. Banyak kuliner khasnya yang sudah melegenda, seperti kuliner rujak cingur, rawon yang sangat populer di seluruh Indonesia. Salah satu kuliner Jawa Timur yang terkenal adalah sate. Makanan ini juga masuk dalam peringkat 14 World's Best Food versi CNN Travel. Ada beberapa sate khas Jawa Timur yang gurih dan nikmat banget rasanya dan wajib kamu coba. Berikut kami rangkum 5 kuliner sate khas Jawa Timur yang Harus kamu coba.
Sedap Banget! 5 Kuliner Sate Khas Jawa Timur yang Harus Kamu Coba
1. Sate Madura

Sate Madura merupakan ikon kuliner khas Jawa Timur, yang membuat berbeda dari sate dari daerah lain adalah dari teknik pengolahan daging, resep bumbu yang dipakai serta teknik pemanggangan yang sedikit berbeda. Soal rasanya jangan ditanyalagi kelezatannya.Maka jangan heran kalau sate khas Madura sangat mudah dijumpai dimanapun.

2. Sate Gebug Malang

Sate Gubug Malang ini berbahan daging sapi, disebut dengan sate gebug karena dalam prosesnya, daging yang disajikan digebug atau dipukul dalam bahasa jawa agar lunak. Proses ini yang menyebabkan tekstur daging satenya jauh lebih empuk dibanding sate buntel yang dagingnya digiling. Salah satu keistimewaan lainnya adalah sate gebug ini direndam bumbu rempah terlebih dahulu sebelum digebug dan dibakar. Yang membuta rasan satenya semakin nikmat. Memakai teknik pembakaran tradisional yang menggunakan arang menambah lezatnya sate gebug ini.

3. Sate Ayam Ponorogo

Sate ayam ponorogo yang berasal dari kota reog ini bisa dikatakan sebagai makanan sate yang paling terkenal. Pasalnya kombinasi antara sate ayam yang berdaging tebal tanpa lemak dan empuk dicampur dengan lezatnya bumbu kacang yang bercitarasa manis, gurih dan kental membuat lidah pengen bergoyang.

4. Sate Kambing Tulungagung

Sate Kambing Tulungagung cukup terkenal dikota ini. Sate kambingnya dikenal lezat karena dagingnya empuk, tidak berbau serta menggunakan bumbu yang khas pula, yang berbeda dengan sate kambing dari daerah lain. Bila daerah lain menggunakan bumbu kacang saat penyajian, sate kambing khas Tulungagung menggunakan bumbu sederhana dari kecap asli daerah dan sedikit petis yang membuat rasanya semakin istimewa.

5. Sate Kerang

Sate kerang cocok bagi para penggemar seafood, Sate ini bisa kamu temui jika berada di kota Sidoarjo maupun Surabaya. Yang membuat sate ini unik adalah adalah proses memasaknya, sate ini tidak dengan dibakar, tetapi direbus. Cita rasa kenyal dari daging kerang serta rasa pedas, manis dan gurih dari bumbunya sangat gurih dan nikmat.

Click to comment