Lezatnya 10 Kuliner Khas Ambon yang Harus Dicoba

Kulinerasik.com – Kota Ambon terkenal akan keindahan pantainya yang masih sangat alami, jika Anda berkunjung kesana, pastikan mengunjungi salah satu keindahan pantainya.Selain wisata alamnya yang sangat indah, Kota Ambon dengan trademark “Ambon Manise” juga memiliki banyak kuliner khas yang lezat dan wajib dicoba, banyak hidangan yang berbahan dasar dari ikan laut yang menawarkan kelezatan disini.
Lezatnya 10 Kuliner Khas Ambon yang Harus Dicoba
Selain kuliner khas laut, hutan di Maluku yang masih terjaga pun menjamin pasokan bahan makanan nabati. Seperti sagu, umbi-umbian, juga kenari yang menjadi ciri khas kuliner Ambon. Berikut saya ulas 10 kuliner khas Ambon yang harus Anda coba karena kelezatannya.

1. Kue Kenari

Ambon yang kaya kenari menghasilkan banyak hidangan yang terbuat dari kenari, salah satunya adalah Kue Kenari. Banyak kue nikmat yang menggunakan biji kenari ialah bolu kenari, sagu kenari, bagea kenari. Untuk mencoba jajanan yangsatu ini, Anda bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional.

2. Ikan Kuah Kuning dengan Papeda

Kuliner yang paling populer di Kota Ambon, Ikan kuah kuning dengan papeda menawarkan kenyalnya papeda dengan rendaman kuah kuning dan ikan kakap yang segar membuat lidah semakin ketagihan lezatnya.

Kuah ikan kuning yang dibuat dari ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Namun papeda dapat juga dicampur dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue. Cara menyantapnya pun cukup unik, yaitu papeda dipilin dengan alat seperti sumpit kayu, kemudian dipindahkan ke piring yang diberi kuah kuning lalu diseruput dari piringnya dan tanpa terputus.

3. Rwbia

Rwbia adalah makanan yang berbahan dasar bia atau kerang. Bia kemudian dimasak dengan bumbu yang kaya akan rempah. Rempah-rempah yang terdiri dari aneka bawang, kelapa sangrai, santan, gula aren, jintan, kunyit, dan lainnya. semakin menambah kelezatannya. Kenyalnya kerang bercampur dengan rempah yang gurih dan sedikit pedas dari rempah. Kuliner yang satu ini juga sering disamakan dengan rendang dari Minang kelezatannya.

4. Sagu Gula

Sagu gula merupakan jajanan berbahan dasar sagu dan kelapa yang dipanggang di dalam cetakan tanah liat. Biasanya, sagu bakar yang berbentuk balok diberi isian gula aren. Aroma gula aren yang wangi dan gurihnya kelapa muda adalah sensai yang ada saat kita mencicipinya. Biasanya jajanan ini dihidangkan dengan kopi atau teh saat pagi atau sore hari. Jajanan inijuga banyak ditemui di pasar tradisional.

5. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa adalah kuliner lezat yang berasal dari daerah Natsepa. Yang membuat unik dari Rujak Natsepa yakni berasal dari olahan kacang dan gula aren yang asli dari daerah tersebut. Anda bisa mencobanya sembari menikmati deburan ombak dan sejuknya angin Pantai Natsepa yang indah.

6. Kopi Rarobang

Kopi rarobang adalah kopi robusta yang diracik dengan jahe putih, madu, dan taburan biji kenari. Menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda dan pasti nikmat. Untuk mencoba Kopi Rarobang kamu bisa langsung  di deretan kafe kopi di Jalan Said Perintah. Harganya bervariasi mulai dengan Rp 19.000 per cangkir.

7. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar makanan yang berbahan dasar dari ikan segar sejenis tongkol, cakalang atau tuna yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bambu lalu diasap selama satu jam. Asar dalam bahasa Indonesia artinya asap. Kuliner ikan komu asar biasanya disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.

8. Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo ini selalu disajikan untuk melengkapi hidangan khas Ambon dalam setiap menikmati makanannya. Sambal colo-colo dibuat dari rempah-rempah seperti bawang merah, cabai rawit, tomat muda, daun seledri yang diiris dan dicampur menjadi satu, lalu diberi taburan garam dan disiram perasan jeruk nipis. Untuk menambah kelezatannya sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi dan irisan kenari mentah, dapat juga ditambahkan kecap manis.
Sambal super pedas ini disajikan tanpa diulek. Rasa sambalnya cukup unik, perpaduan antara pedas dan asam dari perasan air jeruk nipis yang membuat cita rasanya semakin lezat. Nyesel banget klau tidak mencicipi kuliner yang satu ini kalau di Ambon.

9. Bubur Sagu Ubi

Sagu termasuk makanan yang populer bagi masyarakat Ambon tidak, sagu tidak hanya diolah menjadi papeda saja, namun bisa juga diolah menjadi makanan bubur sagu ubi yang sangat lezat. Bubur sagu ubi disajikan dengan santan kental dan taburan kenari, buburnya yang kental dan manis semakin menambah kelezatan kuliner yang satu ini.

10. Kohu-kohu

Kuliner ini sekilas mirip dengan urap yaitu kuliner khas Jawa. Kohu-kohu dibuat menggunakan sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, mentimun, dan daun kemangi, kemudian diaduk bersama irisan bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, suwiran ikan cakalang yang sudah dipotong kecil lalu dicampur dengan kelapa parut.

Yang membuat berbeda dari urap khas Jawa adalah suwiran ikan cakalang nya. juga bisa diganti dengan jenis ikan yang lainnya, seperti ikan tongkol dan ikan teri basah. Biasanya Kohu-kohu disajikan dengan singkong, talas, ubi jalar, atau pisang rebus akan membuat semakin lezat rasanya.

Click to comment