Kunjungi 15 Tempat Wisata di Ambon yang Eksotis Banget!

Kulinerasik.com - Kota Ambon atau Ambong dalam bahasa setempat adalah ibu kota dan kota terbesar dari Provinsi Maluku. Kota yang berada di selatan Pulau Ambon ini berawal dari pendirian sebuah benteng yang senantiasa menjadi pusat pertumbuhan kota. Sumber Wikipedia
Wisata di Ambon yang Eksotis Banget
Jika kamu pernah mendengar ungkapan kata “Ambon Manise”, ungkapan yang menggambarkan keindahan dan eksotisme Kota Ambon. Ya, Maluku memang mempunyai banyak wisata surga dunia yang membuat mata takjub akan keindahannya. Berikut kami rangkum 15 Tempat Wisata Di Ambon yang Eksotis Banget.

Baca juga : Lezatnya 10 Kuliner Khas Ambon yang Harus Dicoba

1. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa mempunyai keindahan khas pantai Ambon. Air lautnya yang masih sangat jernih, membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Disini kamu bisa memancing ditepi pantai atau merasakan sensasi memancing di laut lepas. Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Pantai Nestapa, yaitu Rujak Natsepa yang bisa disantap sambil menikmati keindahan pantainya.

2. Nusa Pombo

Jarak Nusa Pombo bisa ditempuh dalam waktu satu jam dari pelabuhan di Ambon dengan menggunakan speed boat. Pulau ini belum berpenghuni, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup bilaberkunjung ketempat ini. Disini kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk menginap, jangan lupa perisapkan peralatan untuk berkemah. Kamu bisa menjelajahi pulau ini dan berenang, menyelam, maupun snorkeling.

3. Pantai Liang

Pada tahun 1991 Pantai Liang atau Pantai Hunimua ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia. Pantai ini memang menawarankan keindahan alam yang eksotis dengan hamparan pasir putih dipadu dengan air jernih kebiruan yang mampu menyihir mata.
Pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang, sehingga cocok untuk bermain air. Letaknya berada di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, atau sekitar 40 km dari pusat kota Ambon.

4. Pantai Ora, Seram Utara

Pantai Ora terletak di Saleman, Barat Laut Seram, Maluku Tengah, Maluku. Pantai yang sangat indah ini dihiasi oleh pegunungan, laut biru yang jernih serta pepohonan yang rindang, Kamu bisa menghabiskan waktu untuk menginap disini bersama dengan keluarga, sekaligus menikmati keindahan pantainya.

5. Pulau Molana

Pulau Molana memiliki keindahan alamnya yang masih sangat alami, yang bisa memanjakan mata kita. Dengan terumbu karang, pasir putih yang halus, air laut yang jernih serta koral yang menawan, salah satu daya tarik Pulau Molana. Pulau tropis yang eksotis ini juga memiliki pesona alamyang hijau nan asri. Tanaman bakau dan pepohonan yang rindang di pulau ini tentu akan semakin menambah keindahan Pulau Molana. Pulai tini terletak di Haria, Saparua, Maluku Tengah, Maluku.

6. Pantai Ngurbloat, Maluku Tenggara

Pantai Ngurbloat berada di cerukan Pulau Kei, Pantai Ngurbloat memberikan panorama alam yang terbaik, dimulai dari garis pantai yang panjang hingga laut biru yang jernih dan eksotis. Keajaiban lain di pantai ini adalah pasir putihnya yang sangat halus, karena saking halusnya, Pasir putih di Pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai pantai dengan pasir terhalus di Asia.

7. Benteng Amsterdam Hila

Benteng Amsterdam Hilla adalah peninggalan bersejarah di Maluku, Terletak di perbatasan Negeri Hila dan Negeri Keitetu. Benteng ini mempunyai nilai historis. Benteng Amsterdam ini memiliki daya tarik tersendiri. Bangunan yang kokoh, letaknya yang strategis serta pemandangan yang indah membuat destinasi yang satu ini menjadi spot yang sangat eksotis.

8. Tebing Makariki

Tebing Makariki terletak di kaki Gunung Binaia dan juga dijuluki ‘Hidden Paradise’ karena lokasinya yang cukup terpencil dan memiliki akses jalan yang terjal, sehingga masih sulit diakses. Panorama dan nuansa alam yang begitu indah dan eksotis, dibalut dengan udara yang menyegarkan dan air yang jernih. Lokasinya terletak di Pulau Seram, Desa Laimu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah

9. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota termasuk wisata yang populer di i Ambon dan paling banyak dikunjungi. Disini kamu bisa menemukan banyak batuan karan, yang mebuat pantai ini sangat eksotis. Dan yang membuat unik pantai ini adalah adanya sebuah tebing karang rakasa yang menjorok ke laut dengan lubang besar menyerupai sebuah pintu, sehingga dinamakan Pantai Pintu Kota. Karena keindahan pantainya, disini selau dijadikan foto latar prewedding.

10. Pantai Santai

Pantai Santai menawarkan keindahan alam bawah laut , kamu bisa menyelam dan snorkeling disini, atau bisa sambil menikmati pemandangan pantai, dengan ditemani pisang goreng dan teh manis yang menjadi kuliner andalan di sini. Letaknya berada di Desa Latulahat atau sekitar 16 km dari pusat kota Ambon. Eksotisme pantainya membuat para wisatawan semakin betah disini.

11. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu

Tempat wisata Pemandian Air Panas Negeri Tulehu berada sekitar 30 km dari pusat kota Ambon dan berada di lokasi daerah perbukitan. Ada dua buah kolam dengan suhu air berbeda. Air panas disini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Suhu air disini adalah antara 57-70 derajat Celcius.
.
12. Benteng Ferangi

Benteng Ferangi adalah benteng pertahanan yang dibangun oleh Portugis pada tahun 1575 atau juga disebut dengan Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Benteng ini dulunya digunakan sebagai pusat pemerintahan dan tempat penyimpanan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Sekarang bangunan yang mempunyai nilai sejarah di Ambon ini menjadi menjadi salah satu tempat wisata di Ambon yang banyak dikunjungi. Didalam area benteng, Anda akan menemui banyak meriam-meriam lama berukuran raksasa. Sedangkan di dalam ruangan, Anda bisa melihat peta perkembangan kota Ambon dari masa ke masa dan juga berbagai benda sejarah peninggalan Belanda dan Portugis.Letak wisata ini berjarak hanya sekitar 300 meter dari pusat kota Ambon.

13. Museum Siwalima

Museum Siwalina memiliki koleksi benda-benda seni budaya. Museum Siwalima memiliki dua bangunan utama yaitu museum etnografi dan museum kelautan. Bangunan pertama adalam museum dengan koleksi etnografi. Di sini kamu bisa melihat benda-benda yang berhubungan dengan seni dan budaya dari suku asli di Maluku mulai dari miniature rumah adat, pakaian tradisional, peralatan rumah tangga hingga guci-guci peninggalan Jepang. Sedangkan bangunan kedua, ada museum kelautan anda bisa melihat benda-benda yang berhubungan dengan kehidupan laut masyarakat Maluku, museum ini juga memiliki koleksi tiga buah fosil ikan raksasa. Tiga fosil ikan ini berukuran sangat besar yaitu 9, 17 dan 19 meter. Lokasinya berada 5 km dari pusat kota Ambon.

14. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe dikenal sangat unik karena tidak ditemukannya paku di bangunannya, dan terbuat dari pelepah sagu. Selain itu, masjid ini juga masih memiliki sebuah Al Quran yang ditulis tangan dan timbangan beras kuno untuk zakat fitrah dan masih disimpan hingga sekarang.
Pada awal dibangunnya tahun 1414 Masjid Wapauwe hanya berkuran 10 x 10 meter dan tidak ada serambi, namun saat ini sudah ditambahkan serambi dan tempat wudhu. Dulu masyarakat sekitar percaya bahwa masjid ini bisa berpindah tempat sendiri. Masjid Wapauwe pertama berada di Wapame kemudian dipindahkan warga ke Tehala yang berjarak 6 km dari lokasi awal. Dan pada tahun 1614, masjid berpindah sendiri ke Desa Atetu atau Kaitetu yang merupakan lokasi masjid saat ini.

15. Benteng Belgica, Banda Neira

Benteng Belgica termasuk peninggalan sejarah yang populer di Ambon, tepatnya di Banda Neira, Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Banda Neira. Benteng ini memiliki konsep bangunan yang megah, juga menghadirkan nuansa alam yang sangat indah dengan pemandangan gunung dan lautnya. yang membuat semakin menarik dari benteng ini adalah bentuk persegi limanya yang yang unik dan eksotis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel