Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berburu Kuliner Timur Tengah yang Enak Banget dan Bikin Ketagihan

Kuliner Asik - Kuliner dari Timur Tengah memang terkenal kaya akan rempahnya dan dijamin halal pula. Di Indonesia sendiri sudah banyak makanan khas dari Negeri asal Aladin ini, dan bahkan sangat populer. Berikut kami rangkum kuliner Timur Tengah yang enak banget dan bikin ketagihan.

1. Kebab 

Kuliner Timur Tengah
Kuliner Timur Tengah


Kebab adalah makanan asli Turki. namun dulu Turki pernah menjadi bagian timur tengah sebelum negara ini bergabung menjadi negara Eropa sampai sekarang. Makanan kebab memiliki isian ayam, daging kambing atau sapi yang dipanggang

Dicampur dengan aneka sayuran serta saus, digulung dengan roti tortilla, kemudian dipanggang kembali. Rasanya sangat lezat sekali.

2. Roti Maryam

Kuliner Timur Tengah

Roti Maryam dibuat dari terigu, telur, dan mentega, rasanya lebih cenderung asin dari pada manis. Biasanya disajikan dengan saus tomat dan mayonais, atau bisa juga dimakan bersama kuah kari, dan disantap dengan toping keju, coklat, atau selai kacang membuat rasanya semakin lezat.

3. Nasi Kebuli

Kuliner Timur Tengah

Nasi Kebuli dimasak dengan cara mencampur rempah-rempah yang banyak serta susu kambing. Yang membuat aromanya wangi sekali,dan juga rasanya sangat gurih dan lezat. Nasi Kebuli biasanya disajikan bersama daging kambing.

4. Maraq atau Sop Kambing

Kuliner Timur Tengah

Maraq atau sop maraq kambing khas Timur Tengah berwarna kekuningan dan tidak menggunakan santan. Tetapi tidak mengurangi kelezatan dari rasa kuliner yang satu ini. Ciri khas dari makanan timur tengah adalah berbahan utama dari kambing.

5. Nasi Biryani

Kuliner Timur Tengah

Nasi Biryani berasal dari Persia, nasi ini berbeda dengan nasi kebuli. Jika nasi kebuli berwarna kuning pekat, sedangkan nasi biryani berwarna kuning agak cokelat dan tidak terlalu pekat. 

Cara membuatnya hampir sama dengan nasi kebuli, yaitu menggunakan aneka rempah-rempah. Ditambah dengan yogurt membuat aroma dan rasanya agak berbeda. Nasi biryani menggunakan beras basmati dari India. Bentuk butiran berasnya lebih langsing dan panjang.

6. Samosa

Kuliner Timur Tengah

Samosa adalah merupakan salah satu makanan Timur Tengah yang mempunyai rasa yang gurih lezat dan cara pembuatannya pun tidak terlalu susah. Kuliner ini sangat sangat populer di Indonesia. Bentuknya hampir mirip dengan martabak mini. 

Kulitnya dibuat dari terigu, untuk isiannya sendiri dapat berupa daging kambing, daging sapi, ayam, sayuran, keju, coklat, kemudian kulitnya digulung menjadi bentuk segitiga, lalu digoreng.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Pantura Ini Bisa Kamu Coba Saat Mudik

Gimana, tertarik mencobanya?