Yuk Kita Minum Teh Daun Kelor Tiap Hari, agar Sehat Tubuh Kita

Kulinerasik.com - Bagi sebagian orang pasti banyak yang belum mengetahui manfaat dari mengkonsumsi daun kelor, karena aromanya yang menyengat belum tentu disukai semua orang. Tapi tenang, sekarang dijaman modern ini, banyak industri rumahan maupun pabrik yang sudah mengolah daun kelor menjadi teh. Ya, kelor paling enak dikonsumsi dalam bentuk teh.
Teh Daun Kelor
Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa (dari minyak yang bisa diekstrak dari bijinya), drumstick (dari bentuk rumah benihnya yang panjang dan ramping), horseradish tree (dari bentuk akarnya yang mirip tanaman horseradish), dan malunggay di Filipina.Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat berumur panjang, berbunga sepanjang tahun dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia Biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil. Sumber : Wikipedia
Banyak manfaat yang didapatkan jika Anda rutin minum teh daun kelor setiap hari, Berikut kami ulas beberapa fakta dari manfaat daun kelor. 

Memiliki Sifat Antimikroba dan Antijamur

Ekstrak kelor terbukti lebih efektif daripada antibiotik dalam menghilangkan beberapa jenis bakteri dan jamur dalam tes laboratorium. Ini juga telah diuji dan terbukti efektif sebagai pengobatan untuk infeksi mulut tertentu.

Antioksidannya dapat Memoderasi Peradangan

Peradangan semacam jadi tren akhir-akhir ini di dunia kesehatan. Meskipun penelitian masih di tahap awal, bubuk kelor tampaknya memiliki efek antiinflamasi, setidaknya untuk kehadiran polifenol antioksidan (juga ditemukan dalam buah), isothiocyanate (juga ditemukan dalam sayuran silangan), asam askorbat, flavonoid, dan karotenoid di dalamnya. 

Baik Bagi Jantung 

Belum yakin? Jus daun kelor telah menunjukkan efek stabilisasi pada tekanan darah dan ekstrak kelor telah terbukti menurunkan kolesterol.

Dapat Menurunkan Gula Darah

Mengutip Well+Good, satu studi menunjukkan bahwa penderita diabetes Tipe 2 yang mengonsumsi 8 gram kelor setiap hari melihat kadar glukosa mereka turun 28 persen. Bubuk kelor menunjukkan kemampuan untuk mengurangi gula darah pada non-diabetes juga.

Mengandung Senyawa Antikanker

Ekstrak daun kelor telah terbukti menjaga sel kanker menyebar berkat kehadiran zat fenolik yang disebut eugenol.

Mengatur Hormon Tiroid

Dalam satu penelitian pada hewan, ekstrak daun kelor ternyata terbukti sebagai pengatur hormon tiroid yang efektif, terutama pada subjek uji perempuan.

Mulai sekarang jangan ragu untuk minum teh daun kelor setiap hari ya!

Click to comment